Webinar History Fair UI 2020: Mengenal Film Horor 80-an

(Webinar History Fair UI 2020. ULTIMAGZ / Nadia Indrawinata)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – History Fair Universitas Indonesia (UI) 2020 mengadakan webinar dengan tema “Perkembangan Film dari Dekade 80-an hingga Sekarang”. Dengan genre horor sebagai fokus utamanya, mata acara History Fair UI disiarkan secara daring pada Rabu (07/10/20).

“Film-film horor waktu itu adalah gambaran dari situasi kondisi pada saat itu,” jelas Dosen Filsafat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI Tommy F. Awuy selaku pembicara pada webinar ini. Ia menambahkan bahwa ini adalah bentuk representasi masyarakat.

Menurut Tommy, ketakutan dan kegelisahan secara langsung maupun tidak langsung didukung oleh rezim Orde Baru yang mendorong urbanisasi dan transmigrasi ke kota besar. Jakarta sebagai ibukota menjadikannya tempat berkumpul berbagai kepercayaan, tetapi juga legenda dan kisah-kisah horor.

Dosen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI Dave Lumenta juga menyoroti soal bagaimana film horor era 80-an kerap mencampurkan seksualitas ke dalamnya. Indonesia pada saat itu sangat terbuka dengan praktik seks sehingga hal itu tetapi dijadikan hiburan dalam film.

History Fair merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Sejarah Universitas Indonesia melalui Studi Klub Sejarah (SKS). Sesuai dengan tema besar “Sejarah Film era 80-an”, History Fair UI ingin para peserta bernostalgia ke masa lalu. Selain webinar, diadakan pula berbagai macam lomba seperti lomba karya tulis ilmiah, recoloring foto, serta short movie.

 

Reporter: Nadia Indrawinata

Editor: Xena Olivia

Fotografer: