Bukamata 2021 Tunjukkan Pembuatan Eco Enzym pada Masyarakat

Bukamata mengadakan pelatihan tentang cara membuat eco-enzyme bersama warga Desa Serdang Wetan pada Sabtu (01/05/2021), yang disiarkan langsung melalui live Instagram. (ULTIMAGZ/Amartya Kejora)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Bukti Bahwa Manusia Tahu (Bukamata) mengenalkan eco enzyme kepada warga Desa Serdang Wetan, Tangerang pada Sabtu (01/05/21). Dibimbing oleh beberapa anggota Komunitas Eco Enzyme Nusantara (KEEN), warga ditunjukkan langsung cara pembuatan cairan eco enzyme.

Pelatihan tersebut disiarkan langsung melalui akun @buka.mata.id di Instagram.

Sebelum pelatihan dimulai, KEEN membuka dengan pemaparan informasi mengenai eco enzyme pada warga desa. Kemudian dilanjut dengan sesi pelatihan cara pembuatan cairan eco enzyme. Warga juga diberi pelatihan dalam kelompok untuk memperdalam sosialisasi.

Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar mereka dapat membuat cairan eco enzyme sendiri di rumah dengan mudah. Hal ini guna menciptakan kepedulian masyarakat akan pentingnya mengolah sampah organik rumah tangga sendiri.

Pengolahan sampah organik ini penting mengingat besarnya konsumsi rumah tangga. Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendapati bahwa Indonesia menghasilkan 60 persen sampah organik.

Baca juga: BerDiKaRi Kenalkan Eco Enzyme Untuk Kurangi Sampah Organik

Eco enzyme merupakan hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula merah dan air. Warna cairannya cokelat gelap dan memiliki aroma fermentasi yang kuat. Dari hasil fermentasi, eco enzyme memiliki kandungan disinfektan karena adanya alkohol atau senyawa kimia asam.

Eco enzyme menjadi cairan serbaguna yang aplikasinya meliputi rumah tangga, pertanian dan peternakan. Cairan ini dapat dijadikan sebagai disinfektan alami, cairan pembersih peralatan rumah tangga alami, pupuk tanaman organik, pengusir hama, dan lain-lain. Maka dari itu, eco enzyme sangat bermanfaat karena masyarakat dapat berkontribusi dalam mengurangi jumlah sampah dan melestarikan lingkungan.

Sebelum penutupan, Bukamata melakukan foto bersama dan memberi suvenir kepada warga. Bukamata dan KEEN mengakhiri sosialisasi dengan harapan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kepedulian lingkungan.

 

Penulis: Alycia Catelyn

Editor: Nadia Indrawinata

Foto: Amartya Kejora