Creatifest 2020: Bicara Tentang Sekolah dan Soft Skill

Pada salah satu sesi InTalks bertajuk 'Academic Vs Skill' yang diadakan pada Sabtu (19/07/2020), Creatifest mengundangkan dua orang narasumber yaitu Elisa Jonathan dan Dinda Puspitasari. (ULTIMAGZ/Veronica Novaria)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com —  Creatifest 2020 mengusung tema Future Education: Innovate Your Future. Kedua narasumber dalam acara tersebut, Dinda Pustipasari dan Elisa Jonathan, membicarakan pentingnya sekolah formal maupun mengasah kemampuan sendiri. Mereka beranggapan bahwa sekolah dan kemampuan diri sama pentingnya dalam kehidupan.

“Penting karena kendaraan utama adalah pendidikan, mungkin bagi freelance bisa belajar sendiri, tapi yang enggak kalah penting diluar sekolah adalah softskill, kemampuan bahasa, dan lainnya,” tutur Dinda melalui live stream YouTube Creatifest 2020 pada Minggu (19/07/20).

Ilustrator dari buku “#88 Love Life” tersebut menceritakan pentingnya kuliah karena membantu dirinya dalam membangun koneksi dan cara berpikir. Senada dengan Dinda, bagi Elisa kuliah bisa menjadi penunjang dalam kehidupan dan di masa depan.

Namun, menurut Elisa cerita inspirasi para tokoh yang tidak lanjut sekolah bisa menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pendiri Spiceatery itu mengungkapkan, benar ada beberapa orang yang putus sekolah dan mencapai kesuksesan, hanya saja tidak semuanya sukses dengan langkah tersebut.

“Contoh Mark Zuckerberg keluar dari Harvard karena mau bikin Facebook dan jadi miliader. Pertama Mark Zuckerberg masuk Harvard, kedua dia sudah ketemu Facebook baru keluar, bukan belum apa-apa main keluar,” ujar Elisa

Elisa menambahkan cerita inspirasional seperti itu ditujukan kepada mereka yang memang tidak mempunyai kemampuan sekolah. Namun, bagi yang bisa sekolah gunakanlah kesempatan untuk bersekolah.

Selain pentingnya sekolah formal, keduanya juga membicarakan ada hal yang perlu dipelajari dan diasah di luar sekolah, misalnya mengasah keterampilan nonteknis.

“Mengasah soft skill ya seperti ikut class, workshop. Semua itu bisa selama kita connect internet, balik lagi ke kita mau cari atau tidak. Cuma tidak kelihatan, jadi harus pintar cari. Jadi punya kemauan tinggi untuk cari,” kata Dinda.

Creatifest adalah pameran tahunan karya bisnis mahasiswa semester dua dan semester empat jurusan Business di Universitas Prasetiya Mulya. Tahun ini merupakan pertama kali  Creatifest diadakan secara daring dan dimulai pada Kamis (16/07/20) hingga Minggu (19/07/20).

Penulis: Theresia Amadea

Editor: Agatha Lintang 

Foto: Veronica Novaria