Gagal Tampilkan Sejumlah Musisi, Lokatara Fest 2019 Berikan Refund

Band asal Thailand, Plastic Plastic, hadir dalam acara musik alternatif Lokatara Fest di Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/11/19). (ULTIMAGZ/Rafaela Chandra)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Lokatara, acara festival musik tahunan kembali diadakan pada Sabtu (23/11/19) di Kuningan City, Jakarta Selatan. Pada hari acara berlangsung, pihak Lokatara mengumumkan enam musisi internasional batal tampil melalui akun instagram mereka, @lokatarafest.

Total penampil yang semula sebanyak 21 menjadi 18 performances baik dari dalam maupun luar negeri, antara lain Syahravi, Plastic Plastic, The Adams, Reality Club dan Ben Sihombing. Perubahan jadwal pun dilakukan pada hari tersebut. Pihak Lokatara berjanji memberikan refund (pengembalian biaya) kepada pengunjung yang sudah membeli tiket melalui toko online maupun offline. Festival yang memasuki tahun keduanya tersebut memiliki 3 (tiga) panggung unik, yakni Ground Stage, AGP (Anti Guilty Party) dan Lokatara Stage. 

Salah seorang penonton, Emanuela Lintang (21) yang menanti penampilan The Drums merasa kesal atas kejadian tersebut. Sebab, dirinya merasa rugi telah membayar tiket.

“Iya di-cancel. Sedih banget sumpah. Rugi, lah. Tapi emang  di-refund, sih katanya. Belum dikasih tau berapa,” katanya.

Batalnya beberapa performance menyebabkan perubahan jadwal yang dilakukan pada hari acara berlangsung seperti perubahan waktu dan lokasi panggung untuk tampil. Melalui akun instagram @lokatarafest, memberikan konfirmasi batalnya enam penampil yang semestinya hadir pada hari tersebut antara lain Alextbh, Gus Dapperton, Great Good Fine Ok, Sophie Meiers, SALES, dan The Drums. Adapun penambahan penampil yang dimasukkan dalam jadwal tampil antara lain Junkie Munkie, Bilal Indrajaya, dan Float.

 

(kiri ke kanan) Jadwal Performance Lokatara Fest 2019 sebelum Enam Bintang Tamu Batal Hadir dan Jadwal Performance Setelah Ditambahkan Tiga Bintang Tamu pada Sabtu (25/11/19) di Kuningan City, Jakarta Selatan. (Sumber: Instagram @lokatarafest)

Melalui akun instagram @lokatarafest, pihak Lokatara mengutarakan prosedur refund yang diperuntukkan bagi penonton yang sudah membeli tiket melalui toko online maupun offline.

Besar biaya yang akan dikembalikan tidak tertera pasti pada prosedur tersebut, pembeli hanya diminta untuk mengirimkan surel kepada alamat surel yang tertera beserta data diri nasabah sebelum Senin (25/11/19) pukul 17.00 WIB. Beberapa pertikaian melalui komentar pada unggahan tersebut mengatakan bahwa tiket yang dibeli secara offline tidak diberikan cetakan invoice, namun sejak tulisan ini dibuat belum ada konfirmasi yang diberikan oleh pihak Lokatara atas pertikaian tersebut.

Festival musik yang meyajikan tiga panggung terpisah di waktu yang bersamaan tersebut memiliki konsep yang berbeda-beda. Awal memasuki area festival disambut Ground Stage yang berada di gedung parkir 6 Kuningan City, lanjut ke gedung parkir 7 dimana AGP Stage dengan latar panggung proyektor dapat dinikmati dan berakhir di Ballroom Kuningan City sebagai panggung utama Lokatara Fest 2019.

Tak hanya menikmati musik, pengunjung juga dapat menikmati hiburan yang ada seperti Tarot Reading dan Art Installation. Dengan kisaran awal harga tiket Rp 200-400 ribu, pengunjung dapat menikmati ketiga panggung tersebut.

 

Penulis: Hanasya Shabrina

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: Rafaela Chandra