Hari Kedua TechnoScape 2020 Sajikan Materi Tentang Design Thinking

Hari Kedua TechnoScape 2020 Sajikan Materi Tentang Design Thinking (ULTIMAGZ)
Acara TechoScape 2020 Hari Kedua berlangsung pada pukul 09.00- 19 WIB pada Sabtu (12/09/20) via Zoom. (ULTIMAGZ/Androw Parama M)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Hari kedua rangkaian acara TechnoScape 2020 yang digelar pada Sabtu (12/09/20) membagikan tips tentang Design Thinking. Pada sesi pertama yang berlangsung pada pukul 09.00-11.00 WIB  tersebut, tema yang diangkat adalah Design Thinking: Does your design solve problem dengan Adinda Januardani sebagai pembicara.

Adinda Januardani, UX researcher tiket.com, memaparkan tips seputar Design Thinking agar dapat menangani problem yang terjadi jika mendesign kepada 150 peserta konferensi daring. Adinda Januardani mengatakan terdapat cara-cara atau tahapan untuk mengatasi masalah dalam mendesign yaitu, empathize, define, ideate, prototype test. Berikut adalah tips yang diberikan:

Adinda Januardani (UX Researcher tiket.com) menjelaskan “Design Thinking” dalam acara TechoScape pada Sabtu (12/09/20) via Zoom. (ULTIMAGZ/Androw Parama M)

EMPATHIZE

Pertama, memahami tentang masalah yang ada atau yang kita alami. Dengan mengetahui tahap ini kita dapat melihat kebutuhan pengguna sebagai pemecahan masalah. Setelah mendapatkan pengalaman tersebut kita dapat menentukan ide atau pemikiran.

Kamu bisa berkolaborasi biar bisa menghadapi problem design, kolobrasi adalah kuncinya, ungkap Adinda.

DEFINE

Kedua, mencari informasi atau permasalahan apa yang disebabkan dalam pengerjaan desain tersebut, lalu membuat mind mapping issue dan pisahkan agar mendapat pemecahan masalah. Dalam hal ini define membantu para desainer untuk mengumpulkan ide-ide.

IDEATE

Ketiga, menghasilkan ide yang bertujuan agar mengetahui solusi dari permasalahan yang dialami. Lakukan observasi dan buatlah mind idea. Ide tersebut dapat disajikan dalam bentuk sketsa,brainstorming prototype dan lain-lain.

PROTOTYPE

Tahap keempat dalam Design Thinking menekankan kepada proses pembuatan dan mendapat suatu design atau problem solution yang telah didapat dari masalah yang ada.

TEST

Test merupakan langkah akhir dalam tahapan mendesain, apakah barang tersebut efektif serta dibutuhkan bagi pengguna, lalu menguji coba barang tersebut kepada orang lain dan memberikan pertanyaan tentang suatu desain tersebut.

 

Penulis: Androw Parama M

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: Androw Parama M