JGTC Collaborations, Konsep Perdana nan Spesial di JGTC 2021

JGTC Collaborations, Konsep Perdana nan Spesial di JGTC 2021 (ULTIMAGZ)
Adikara Fardy (kiri), Rubina (tengah), dan Dua Empat (kanan) turut meramaikan event Jazz Goes to Campus 2021 melalui Live Streaming di Loket.com pada Sabtu (13/02/2021). (ULTIMAGZ/ Melati Pramesthi)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Jazz Goes To Campus Festival 2021 hadirkan kolaborasi spesial sejumlah musisi pengisi acaranya pada Sabtu (13/02/21) dan Minggu (14/02/21). Nama-nama seperti Dua Empat, Rubina, Adikara Fardy, Neida, dan Greybox ikut serta dalam konsep perdana yang dibawakan JGTC kali ini.

Kolaborasi grup musik Dua Empat dan solois Rubina menjadi pengisi Mandiri Stage pada Sabtu (13/02/21). Penampilan mereka tidak lepas dari aliran jazz yang menjadi genre musik keduanya.

Dua gitaris Dua Empat, Alvin Ghazalie dan Misi Lesar, serta Rubina membuka panggung kolaborasinya dengan lagu original Dua Empat, Hello Bello. Penampilan ini disambut baik oleh penonton yang memenuhi kolom live chat dengan antusias. 

Kolaborasi mereka dilanjutkan dengan lagu berbahasa portugis, Brigas Nunca Mais, Modinha, dan Capim, yang membuat penonton terkesima. Mereka juga membawakan lagu Head in the Clouds yang digemari kebanyakan penonton.

Baca juga: Ten2Five Meriahkan JGTC dengan Senandung Penuh Cinta

Menjelang akhir penampilannya, Misi menceritakan sedikit pertemuannya dengan Alvin yang berujung dengan lahirnya Dua Empat. Berawal dari JGTC 2015, panitia saat itu meminta Alvin dan Misi untuk tampil bersama.

“Kalo enggak ada JGTC, enggak ada Dua Empat, sih,” ucap Misi diiringi tawa. Lagu Would You Be Mine oleh Dua Empat menjadi penutup penampilan kolaborasi perdana itu. 

Tak berhenti sampai di sana, solois Adikara Fardy bergabung dengan Dua Empat dan Rubina di panggung. Penampilan ketiga musisi ini diberi nama JGTC Bossa Nova Project.

Mereka membawakan lagu-lagu milik musisi Brazil legendaris, Antonio Carlos Jobim, yang diaransemen oleh Dua Empat berjudul Triste dan ditutup dengan Chega de Saudade versi bahasa Inggris. 

Neida Aleida menyanyikan empat lagu bersama Greybox dalam Jazz Goes to Campus 2021, Minggu (14/02/2021) (ULTIMAGZ/Melati Pramesthi)

Pada hari kedua festival tahunan ini, produser asal New York, Greybox, berkolaborasi dengan salah satu vokalis grup musik HIVI!, Neida Aleida, di Contra Bass Stage. Membuka penampilan dengan lagu Cocoa Butter, Greybox memainkan alunan melodi bernuansa jazz lo-fi dengan alat musik saxophone yang digenggamnya.

Tak banyak membuang waktu, Greybox dan Neida langsung melanjutkan penampilan kolaborasinya dengan dua lagu yang dirilis Greybox, Mo Bud dan Sameway. Penampilan mereka kemudian ditutup dengan Neida yang menyanyikan single-nya, Yang Lalu Hanya Debu

“Terima kasih, teman-teman semua. Semoga semua bahagia dan sehat selalu. Sampai jumpa,” ucap Neida sembari melambaikan tangan ke arah kamera.

JGTC adalah acara musik jazz tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia sejak 1977. Mengusung tema Rediscover Your Jazzpression, panitia penyelenggara festival tahunan ini berharap agar setiap orang dapat menikmati dan menemukan jazz dengan caranya masing-masing di tengah pandemi yang melanda.

 

Penulis: Maria Katarina

Editor: Maria Helen Oktavia

Fotografer: Melati Pramesthi