KamiSketsa, Ajakan Galeri Nasional terhadap Publik yang Ingin Membuat Seni

KamiSketsa di Galeri Nasional Indonesia
KamiSketsa yang diadakan oleh Galeri Nasional Indonesia setiap Kamis (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Galeri Nasional Indonesia mengajak masyarakat luas untuk membuat kreasi seni bersama setiap hari Kamis. Ajakan ini berupa program membuat sketsa bersama yang terbuka untuk umum bertajuk KamiSketsa.

KamiSketsa adalah sebuah lokakarya yang membahas dan menggambar sketsa bersama setiap hari Kamis pukul 09.00 – 15.00 WIB. Kegiatan ini tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum, baik untuk pemula maupun peserta yang sudah memiliki ilmu dasar membuat sketsa. Bagi para pemula yang belum memiliki peralatan sketsa, pihak KamiSketsa akan menyediakan bahan dan peralatan sketsa seperti kertas, spidol, drawing pen, hingga tinta cina.

Kegiatan dimulai dengan diskusi terbuka mengenai teknik dan jenis-jenis alat untuk menggambar sketsa. Usai diskusi, tim KamiSketsa akan membagikan alat menggambar. Peserta diberi kebebasan untuk menggambar objek sketsa yang ada di kawasan Galeri Nasional Indonesia. Hasil akhir dari sketsa tersebut dikumpulkan lalu dipajang di ruang workshop KamiSketsa. Tim KamiSketsa kerap mengundang seniman-seniman seperti Dedy Suherdi dan Nashir Setiawan untuk belajar dan menggambar bersama pada tahun 2019 lalu.

 

Menurut Kepala Sie Pameran dan Edukasi Galeri Nasional Zamrud Setya Negara, acara ini pertama kali diadakan pada 2017, tepatnya pada Hari Museum Nasional.

“(KamiSketsa) diinisiasi oleh teman-teman di Galeri Nasional, kami memberikan ruang seluas luasnya untuk publik melakukan proses kreatif, memberi ruang edukasi karena di sini kami tidak lagi sebagai apresiator, komunitas ini adalah kelanjutan hasil dari apresiasi untuk keinginan melakukan proses kreatif,” ungkap Zamrud seperti yang dikutip dari fimela.com.

Selain mendukung perkembangan seni Indonesia melalui KamiSketsa, galeri yang terletak di Jalan Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta Pusat ini juga memamerkan karya-karya seni milik Raden Saleh, Wakidi, Affandi, Djoko Pekik, dan Mella Jaarsma. Terdapat pula karya-karya seniman internasional seperti Hans Hartung, Sonia Delaunay, Victor Vasarely, dan masih banyak lagi.

https://ultimagz.com/jalan-jalan/galeri-nasional-indonesia-wajah-baru-museum-modern-tanah-air/

Pameran tetap Galeri Nasional Indonesia diresmikan oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, pada Oktober 2015 silam. Pada tahun 2013-2015 Galeri Nasional Indonesia melakukan renovasi untuk penataan ulang pameran seni. Sebelumnya, pameran seni yang melewati tahap kurasi akan ditampilkan secara periodik yang akan berganti setelah beberapa waktu. 

Setelah 2015, pameran seni periodik diubah menjadi pameran seni tetap yang terletak di gedung B lantai 2. Selain menunjukkan pameran seni tetap, Galeri Nasional Indonesia juga membuka peluang bagi seniman-seniman yang membutuhkan lokasi untuk menampilkan hasil karya seninya. 

 

Penulis : Thefanny

Editor : Andi Annisa Ivana Putri

Sumber: galeri-nasional.or.id, fimela.com, kabare.id

Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id