KFC dan Divers Clean Action Buka Stan #NOSTRAWMOVEMENT

Stan #NOSTRAWMOVEMENT merupakan sebuah program kerja sama yang dilakukan oleh restoran cepat saji KFC dan organisasi Divers Clean Action. Berdiri di depan KFC Paramount Serpong hingga 3 Maret 2019, stan ini mengajak pengunjung untuk memahami dampak positif pengurangan sedotan bagi lingkungan, khususnya biota laut. (ULTIMAGZ/Maytiska Omar)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Restoran cepat saji KFC bersama Divers Clean Action bekerja sama membuka stan #NOSTRAWMOVEMENT. Berdiri di depan KFC Paramount Serpong, stan ini memberikan gambaran kepada pengunjung tentang situasi dan kondisi laut Indonesia.

Dalam stan #NOSTRAWMOVEMENT, terdapat pemandu yang menjelaskan isi stan dari awal hingga akhir. Penjelasan diawali dengan gambaran keindahan laut Indonesia, demonstrasi bagaimana ikan berenang dengan sampah botol dan sedotan di laut, hingga apa saja yang telah dilakukan para penyelam untuk menyelamatkan laut dan biota di dalamnya.

Tidak ada biaya yang dipungut untuk masuk ke dalam stan yang buka sejak 2 Februari hingga 3 Maret 2019 ini. Pengunjung dapat menikmati penjelasan yang diberikan sambil melihat-lihat dan berfoto. Uniknya, sebelum memasuki tempat ini, pengunjung diberikan satu tutup botol komitmen yang akan dimasukkan ke dalam kotak ketika telah sampai pada penjelasan terakhir. 

Pengunjung juga ditawari potongan 25% untuk pembelian kupon KFC seharga Rp100.000,00. Syaratnya, mereka yang ingin mendapat potongan tersebut harus berfoto di dalam stan yang buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB ini dan menggungahnya di Instagram sesuai ketentuan yang diberikan.

Kerja sama yang dilakukan antara KFC dan Divers Clean Action ini sebenarnya sudah berlangsung sejak 2016. Saat itu, KFC ingin agar penggunaan sedotan sekali pakai dibatasi jumlahnya.

“KFC saat itu sedang kampanye #NOSTRAWMOVEMENT, di mana ada dorongan agar penggunaan sedotan sekali pakai itu dibatasi jumlahnya. Pembeli yang datang ke KFC tidak akan diberikan sedotan oleh petugas kasir karena sedotan itu berbahaya bagi lingkungan,” ujar Outreach Specialist Divers Clean Action Ayu Primastuti.

Awalnya, program tidak memberikan sedotan secara langsung tersebut sudah dimulai dari enam gerai KFC dengan pembeli anak muda teramai. Mereka secara perlahan tidak memberikan sedotan pada pembeli secara langsung, melainkan tersedia di tempat terpisah di kasir. Jika pembeli merasa membutuhkan sedotan, barulah ia bisa mengambilnya sendiri.

Melihat keenam gerai tersebut berhasil, maka program dilanjutkan ke seluruh Jabodetabek. Setelah gerai Jabodetabek sukses, maka kampanye ini diperluas lagi hingga seluruh Indonesia. Hingga sekarang, seluruh gerai KFC tidak lagi memberikan sedotan kepada para pengunjung.

 

Penulis: Maytiska Omar

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Maytiska Omar