Local Beauty Fest 2019, Tidak Semua Stan Jual Produk Lokal Indonesia

Talkshow bersama Beauty and Fashion Influencer Patricia Devina mengenai "How to Style Yourself with Local Fashion Brand" dalam Local Beauty Brand di The Forum, Lippo Mall Puri, Jakarta pada Sabtu (16/11/2019). (ULTIMAGZ/Elisha Imanuella)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com — Local Beauty Fest (LBF) hadir untuk menambah pengetahuan pengunjung mengenai startup karya anak bangsa yang menjual produk kecantikan. Berlokasi di The Forum, Lippo Mal Puri festival ini menghadirkan 35 stan, tetapi ada satu stan yang tidak menjual produk kecantikan lokal. 

Misalnya stan Tiny Me Up yang  menjual produk kecantikan internasional dengan konsep membagi isi sebuah produk ke dalam berbagai kontainer. Terkait hal ini, Ketua Local Beauty Fest Stella Nareswari menjelaskan, stan Tiny Me Up seharusnya juga menjual produk kecantikan lokal. 

Sebenarnya mostly produk luar, tetapi mereka juga ada produk lokal. Kita emang mengedepankan jual local makeup products, tapi kita juga nggak bisa ngelarang mereka untuk ngejual produk-produk mereka yang lainnya gitu,” tutur Stella pada Sabtu (16/11/19).

Di sisi lain, salah satu penjaga stan Tiny Me Up, Hilda, mengatakan bahwa mereka tidak menjual produk kecantikan lokal Indonesia, “kita pernah kerja sama dengan produk lokal, tapi itu udah nggak lagi. Jadi, sekarang share in jar-nya cuman ada produk dari luar aja.” 

Local Beauty Fest 2019 merupakan acara yang bertujuan untuk mengemukakan merek-merek kecantikan lokal Indonesia yang bentuknya masih startup. Stella mengharapkan acara ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat atas eksistensi produk kecantikan lokal Indonesia. Sebelumnya, Stella mendapatkan riset bahwa hanya 40 persen masyarakat Indonesia yang menganggap produk kecantikan lokal Indonesia itu bagus.

“Sebelum ini kan kita disuruh ngadain riset. Jadi, di Indonesia itu angka-angkanya 60 persen masyarakat Indonesia, khususnya perempuan, mereka lebih milih produk-produk internasional dibanding lokal. Jadi yang menanggap produk-produk lokal bagus itu hanya 40 persen,” pungkasnya.

Berdasar riset tersebut, panitia membuat acara Local Beauty Fest untuk menguntungkan ekonomi Indonesia dari penjualan produk kecantikan. Selain itu, festival ini menjadi tugas akhir mata kuliah Special Event di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Tak hanya menghadirkan 35 stan penjual produk-produk kecantikan, Local Beauty Fest juga mengadakan gelar wicara, meet and greet, dan penampilan musik serta tari sejak Jumat (15/11/19) hingga Minggu (17/11/19).

 

Penulis: Elisabeth Diandra Sandi

Editor: Agatha Lintang

Foto: Elisha Imanuella