Najwa Shihab Sebut Anak Muda Harus Berani Berpihak

Najwa Shihab: Anak Muda Harus Berani Tunjukan Keberpihakan
Acara pembukaan Indonesia Writers Festival (IWF) 2019 di Gedung A Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengundang beberapa tokoh penting seperti Uni Lubis, Najwa Shihab, dan Ayu Utami sebagai pembicara. (Ultimagz/Caroline S)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Najwa Shihab berbagi pendapat soal bagaimana anak muda harus berani menunjukkan keberpihakan. Hal itu disampaikan dalam segmen diskusi Millenials Harus Melek Jurnalistik acara Indonesia Writers Festival (IWF) 2019 di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), pada Jumat (06/09/19). 

“Kenapa takut untuk mengatakan hal-hal yang benar? Anak muda harus berani menunjukkan keberpihakan asal prosesnya tepat,” katanya. “Harus terus kritis dan jangan menerima informasi begitu saja. Kritis pertanyaan, cari sumber kedua. Jangan menelan informasi bulat-bulat atau mentah-mentah, cuman karena sudah sesuai.”

Bersama Pemimpin Redaksi IDN Times Uni Lubis dan novelis Indonesia Ayu Utami, Founder Narasi TV tersebut juga menyatakan bahwa sebenernya generasi milenial sudah melek jurnalistik. Namun, masalahnya adalah bagaimana caranya memperkuat dan memberdayakan generasi muda yang memang sudah paham, sudah tahu, dan sudah terpapar dengan informasi.

“Harus dibedakan (antara) netral dan independen,” kata wanita yang akrab disapa Nana itu.

“Jurnalis harus netral itu dari segi teorinya enggak ada,” sambung Uni. “Jurnalis itu harus objektif dan independen.”

Nana menjelaskan bahwa netral berarti tidak berpihak ke mana pun. Sementara itu, dalam jurnalisme independen berarti tidak ada kepentingan apapun kecuali kepentingan publik dan kebenaran. Dia berpesan agar jurnalis sejatinya jangan netral, jangan tidak berpihak ke siapa-siapa.

Pembawa acara Mata Najwa itu juga kemudian menegaskan bahwa fakta dan verifikasi merupakan hal yang membedakan berita jurnalisme dan propaganda.

“Proses verifikasi, check dan re-check. Bukan berarti kalau kita menunjukan keberpihakan kita menjadi tidak menjadi independen,” tuturnya.

 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Ivan Jonathan

Foto: Caroline Saskia