Pameran “Kirana Dakara” Minim Deskripsi Foto

Situasi Pameran Kirana Dakara hari pertama, Jumat (30/05/19) di Mall @Alam Sutera, Tangerang. Kirana Dakara merupakan pameran hasil karya mahasiswa/i Desain Komunikasi Visual Universitas Multimedia Nusantara (DKV UMN) untuk penilaian tugas akhir mata kuliah Advanced Photography. (ULTIMAGZ/Caroline Saskia)
Share:

TANGERANG, ULTIMAGZ.comFakultas Seni dan Desain Universitas Multimedia Nusantara (FSD UMN) mengadakan pameran fotografi Kirana Dakara di Lobi Barat, Ground Floor Mall @Alam Sutera. Pameran ini diadakan guna mengenalkan budaya Indonesia, tetapi tujuan tersebut kurang terpaparkan melalui deskripsi pada tiap hasil karya foto.

“Kesulitannya juga karena waktunya mepet. Kemarin kita terakhir Ujian Akhir Semester (UAS) itu hari Selasa dan kita cuma punya selang satu hari doang sampai hari pameran ini,” jelas Ketua Panitia Kirana Dakara Natasha Pratiwi pada hari pertama pameran, Kamis (30/05/19).

Gulungan kertas sepanjang tiga meter berisi puisi yang ditulis tangan oleh dua mahasiswa/i jurusan DKV Universitas Multimedia Nusantara dipamerkan di Pameran Kirana Dakara. (ULTIMAGZ/Caroline Saskia)

Natasha menambahkan, kurangnya persiapan membuat beberapa data penunjang karya belum sempat disertakan. Walaupun beberapa deskripsi hasil karya sudah dicetak pada Kamis pagi, masih ada data yang kurang dan rencananya akan dilengkapi esok hari. 

Informasi yang akan ditambahkan antara lain prolog dan kata pengantar dari Kirana Dakara. Nantinya, informasi akan ditaruh di beberapa media, seperti dua bingkai foto, tiga stand lukis kayu, balok-balok kayu, dan beberapa styrofoam yang masih diletakkan pada bagian belakang booth foto pameran.

Keterbatasan informasi dalam hasil karya membuat salah satu pengunjung, Timothy Lion (18) kurang mengerti maksud yang ingin disampaikan dalam Pameran Kirana Dakara.

“Jujur, gue bingung sama konsepnya. Konsepnya ini tuh mau ngapain. Jadi mungkin bisa ditambahin penjelasan supaya orang awam kayak gue bisa ngerti,” kata mahasiswa perhotelan dari Universitas Podomoro itu.

Kirana Dakara merupakan acara pameran fotografi yang menampilkan hasil karya tugas akhir mahasiswa untuk mata kuliah Advanced Photography dengan tema kekayaan nusantara. Kata ‘Kirana Dakara’ berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti kecantikan yang dapat dikenang sepanjang masa. Pameran Kirana Dakara diselenggarakan pada 30 Mei hingga 2 Juni pukul 10.00-22.00 WIB.

Rezki Tanrere selalu dosen pengampu mata kuliah Advanced Photograhy berharap pameran ini dapat menjadi sarana masyarakat untuk mengenang kecantikan budaya-budaya di Indonesia melalui karya-karya seni yang dipamerkan. Kirana Dakara juga ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan kepunahan dan kelangkaan budaya Indonesia.

 

Penulis: Elisabeth Diandra Sandi

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: Caroline Saskia