Tips Persiapan Magang yang Efektif

Beberapa tips yang dapat diterapkan agar proses pendaftaran magang dapat dilakukan dengan baik dan benar. (Foto: deepseanews.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com—Bagi sebagian universitas, magang adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh para mahasiswa/i, terutama ketika tengah menjalani perkuliahan di semester akhir. Selain merupakan syarat kelulusan, magang dapat menjadi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja secara langsung dan menerapkan kemampuan yang selama ini telah dipelajari di jurusan mereka masing-masing.

Mengingat persaingan yang semakin ketat dengan mahasiswa/i atau bahkan pelamar lainnya serta mempermudah proses, Ultimagz telah mengumpulkan beberapa tips untuk Ultimates agar dapat melamar magang dengan baik dan benar:

  1. Periksa persyaratan magang yang telah ditentukan oleh universitas

Setiap universitas tentu mempunyai persyaratan magang mereka masing-masing sesuai dengan jurusan yang ditekuni, termasuk perusahaan apa saja yang dapat kalian lamar. Pastikan untuk memeriksa persyaratan tersebut terlebih dahulu sebelum melamar agar kegiatan magang dapat diterima oleh universitas selama beberapa bulan ke depan. Dengan demikian, pengalaman magang Ultimates akan lebih bermanfaat dan tidak sia-sia.

 

  1. Tanya seputar lowongan magang ke perusahaan

Terkadang perusahaan tidak sedang membuka lowongan magang, namun hal ini tidak dijadikan alasan bahwa Ultimates tidak dapat menghubungi perusahaan tersebut. Oleh karena itu, jangan ragu untuk bertanya seputar magang dan posisi yang tersedia. Namun, pastikan Ultimates menghubungi kontak resmi mereka, terutama surel, dan bukan kontak pribadi agar tidak mengganggu privasi mereka.

 

  1. Gunakan bahasa yang sopan dan bersikap etis

Ketika menghubungi perusahaan, pastikan bahasa yang digunakan merupakan bahasa yang formal dan sopan. Jangan mendesak mereka untuk membalas dengan segera dan bertanya berulang kali, mengingat mereka yang juga mempunyai kesibukan sendiri. Apalagi posisi Ultimates belum menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Hal ini pun juga dapat mempengaruhi kesan pertama Ultimates atau bahkan tidak akan ditanggapi lebih lanjut oleh perusahaan tersebut.

 

  1. Lakukan riset terhadap perusahaan

Sebelum melamar magang di calon perusahaan, alangkah baiknya jika Ultimates dapat mencari informasi terkait perusahaan tersebut. Adapun informasi yang dapat dicari tahu berupa apa saja yang mereka lakukan, lingkungan kerja mereka, sejarah perusahaan mereka, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Ultimates dapat lebih mempersiapkan diri untuk melamar dan melakukan magang di sana.

 

  1. Buatlah CV, portofolio, dan berkas yang diperlukan

Pastikan Ultimates membuat berkas-berkas yang diperlukan untuk magang, terutama CV dan portofolio. Hindari CV yang terkesan monoton dan buatlah semenarik mungkin agar lebih menarik perhatian bagi perusahaan yang dilamar. Selain itu, alangkah baiknya jika informasi yang tertera dalam CV ditulis secara detail dan relevan dengan posisi yang ingin dilamar. Di sisi lain, pastikan portofolio Ultimates juga terdiri dari kompilasi berupa karya-karya terbaik Ultimates.

 

  1. Kirim berkas-berkas yang diperlukan

Kirim berkas-berkas sesuai dengan alamat yang ditentukan oleh perusahaan. Bagi beberapa perusahaan, mereka mempunyai sistem internal tersendiri di situs mereka untuk penerimaan CV serta berkas lainnya. Jika mengirim langsung pada surel perusahaan, jangan lupa untuk menulis subyek dan pengantar pada bagian isi surel sebelum mencantumkan CV dan berkas lain yang diperlukan.

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: deepseanews.com

Sumber: cermati.com, kumparan.com, medium.com, youthmanual.com