Ragam Kreasi Kemasan Produk dalam ASPaC 2016

Para peserta sedang mendesain ulang kemasan LOTTE Koala March, Rabu (16/11/16).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.comJapan Foundation bekerjasama dengan Japan Package Design Association (JPDA) menggelar konferensi pers dan pembukaan pameran hasil karya kompetisi Asia Student Packaging Competition (ASPaC) Award 2016 di Auditorium Binus Nothumbria fX, Sudirman, Senin (21/11/16). Pameran ini mempertontonkan karya-karya hasil mahasiswa peserta ASPaC 2016. ASPaC sendiri merupakan sebuah wadah berkarya mahasiswa desain di Asia untuk berkompetisi, khususnya dalam bidang mendesain sebuah kemasan.

Pada Rabu (16/11/16) sebelumnya telah dilaksanakan salah satu rangkaian acaranya yaitu workshop Packaging Paper Construction” yang dibawakan oleh ketua JPDA Mori Takaki. Workshop ini membagi ilmu soal bagaimana sebuah desain kemasan yang baik yang dapat memberi ‘experience’ pada konsumen yang akan membeli dan membuka kemasan nantinya. Takaki khususnya memberi penekanan pada desain yang berfilosofi sesuai dengan brand dan penambahan nilai “SURPRISE” yang menjadi sekaligus menjadi tema kompetisi ASPaC tahun ini.

Diikuti oleh tujuh universitas di Jakarta yaitu Universtas Trisakti, Universitas Bunda Mulia (UBM), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Binus Alam Sutera, Binus Internasional, Universitas Tarumanegara (UNTAR), dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ), ASPaC memberi tantangan pada tiap tim peserta untuk mendesain ulang kemasan produk LOTTE Koala March. Masing-masing tim dipersilahkan menampilkan proses brainstorming hingga penjelasan konsep desain pada sebuah lembar presentasi.

Setelah semua tim selesai membuat desain dan konsep kemasan Koala March, selanjutnya mereka diminta mempresentasikan ide mereka di depan tim dari ASPaC 2016. Tim ASPaC menyampaikan bahwa workshop kali ini menampilkan ide-ide yang sangat menarik dan segar sehingga tim memutuskan untuk memberi dua penghargaan untuk dua tim terbaik kali ini. Penghargaan dadakan ini diberikan pada tim dari Binus Internasional dan UBM. Presentasi tim Binus Internasional khususnya membuat tim JPDA sangat terkesan, bahkan mereka menyatakan bahwa kemungkinan ide ini akan diterapkan secara nyata oleh LOTTE Koala March.

Pada penutup acara Ketua ADGI Nasional Zinnia Nizar Sompie menyampaikan bahwa ia mengamati dan akhirnya menyadari bahwa secara tidak sengaja hampir seluruh tim peserta workshop kali ini mengusung tema kekeluargaan. Zinnia juga memberi saran tambahan untuk, ke depannya, agar mahasiswa tetap menampilkan ide yang out of the box namun tetap pada kondisi yang memungkinkan untuk diterapkan oleh perusahaan produk sehingga ide desain dapat mudah diterapkan perusahaan.

Melihat ide-ide mahasiswa yang mengesankan di tahun ini, tim ASPaC  ingin para peserta workshop kali ini mengikuti kompetisi ASPaC tahun depan. Tim ASPaC juga menitipkan pesan pada peserta workshop apabila kampus mereka tertarik dengan kompetisi ini, tim ASPaC bersedia untuk berkunjung ke kampus-kampus di tahun berikutnya.

Penulis: Ismi Ulfah

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Fotografer: Laetitia Caeli Hermawan