Rudiantara: Utamakan Konten untuk Tingkatkan Teknologi Informasi Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika, Drs. Rudiantara, M.B. A., sedang menyampaikan pendapatnya tentang peran pemerintah dalam mengoptimalkan teknologi informasi di Lecture Hall Universitas Multimedia Nusantara, Selasa (24/01/2017)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Sebagai bentuk resmi perilisian buku Psikologi dan Teknologi Informasi, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) mengadakan acara peluncuran buku di Lecture Hall (LH) Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Senin (24/01/2017). Acara ini juga turut mengundang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Rudiantara sebagai salah satu pembicara untuk memberikan pendapatnya tentang peran pemerintah dalam mengembangkan pemanfaatan teknologi informasi di Indonesia.

“Secara infrastruktur, Indonesia ini, kalau bicara tentang ICT, di ASEAN berada di nomer empat,” tuturnya.

“Apakah karena terlalu banyak dampak negatif, kita tidak harus mengembangkan teknologi informasi kita? Tentu tidak bisa, karena Indonesia harus bisa maju dan unggul di ASEAN.”

Beliau menjelaskan bahwa untuk mengembangkan teknologi informasi serta untuk mengurangi negativisme di dunia digital, terutama di media sosial, perlu adanya peningkatan konten yang disajikan. Meskipun konten media merupakan hal publik, dimana hanya masyarakat yang berhak membuatnya dan mengaturnya, pemerintah dapat tetap memberi bantuan kepada masyarakat untuk meningkatkan konten media dan menyelesaikan masalah yang berada di media sosial.

“Kita ini harus menyelesaikan masalah konten di dunia maya melalui pendekatan masyarakat dan komunitas karena hal ini betul-betul harus didorong melalui mereka, misalnya saya akan datang atau diwakili kedatangannya pada suatu komunitas anti hoax di Jakarta,” jelasnya.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga merencanakan sebuah misi untuk menempatkan infrastruktur Indonesia di peringkat kedua, yaitu setelah Singapura, pada tahun 2019 mendatang.

“Kita harus punya visi untuk membangun infrastruktur ini,” ujarnya. “Mengisi dan memanfaatkan infrastruktur adalah hal yang harus kita kembangkan bersama-sama.”

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Fotografer: Nico Nathanael