Satu Asa Seratus Resapan Buat Seratus Resapan Biopori di Kampung Carang Pulang

Sumber: Dokumentasi 1 Asa 100 Resapan
Share:

TANGERANG, ULTIMAGZ.com – Satu Asa Seratus Resapan bekerja sama dengan Tim Biopori IPB dalam pembuatan resapan biopori untuk membantu mengatasi masalah penyerapan air dan sampah organik di Kampung Carang Pulang, Desa Medang, Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi genangan air yang terdapat di Kampung Carang Pulang dan untuk mengajarkan kepada masyarakat Kampung Carang Pulang mengenai cara pembuatan lubang biopori serta cara merawatnya.

“Kampung Carang Pulang sebelumnya pernah membuat resapan biopori juga tetapi tidak berhasil karena kurangnya pemahaman masyarakat mengenai cara membuat lubang biopori yang benar dan bagaimana cara untuk merawatnya,” ujar Gabriela Devina selaku ketua acara Satu Asa Seratus Resapan.

Kurangnya pengetahuan dari masyarakat Kampung Carang Pulang mengenai cara pembuatan biopori juga menjadi salah satu tujuan kegiatan Satu Arsa Seratus Resapan bersama dengan Tim Biopori IPB untuk menambah pengetahuan mereka mengenai pembuatan biopori.

“Maka dari itu, Satu Asa Seratus Resapan hadir untuk mengajak masyarakat Kampung Carang Pulang membuat resapan biopori lagi yang bekerja sama dengan Tim Biopori IPB agar masyarakat mengetahui apa yang harus dilakukan pada saat pembuatan lubang biopori serta bagaimana cara merawatnya,” lanjutnya.

Selain membuat biopori, Satu Asa Seratus Serapan juga melakukan kegiatan lain, seperti edukasi kepada anak-anak Kampung Carang Pulang mengenai sampah organik dan non-organik, menanam tanaman vertikultur, dan membagikan seratus tempat sampah ke masyarakat Kampung Carang Pulang.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pada tanggal 6 dan 13 April 2019, lalu tahap kedua pada tanggal 27 dan 28 April 2019. Kegiatan yang dilakukan pada kedua tahap pun berbeda. Pada tahap pertama, Satu Asa Seratus Serapan memfokuskan kegiatannya pada anak-anak Kampung Carang Pulang berupa edukasi mengenai sampah organik dan non-organik serta membuat prakarya dari botol plastik. Anak-anak Kampung Carang Pulang memiliki antusiasme yang tinggi ketika melakukan aktivitas ini, bahkan mereka juga membantu membersihkan lingkungan kampung mereka.

Hasil prakarya anak-anak Kampung Carang Pulang yang terbuat dari botol plastik. (Foto: Satu Asa Seratus Resapan)

Sedangkan pada tahap kedua, Satu Asa Seratus Resapan baru melakukan pembuatan seratus lubang biopori bersama Tim Biopori IPB. Bahkan kegiatan ini juga mebersihkan lingkungan Kampung Carang Pulang sebelum pembuatan lubang biopori yang dibantu oleh para suka relawan. Mereka juga memasang plang nama-nama jalan di Kampung Cara Pulang yang disertai pesan untuk membuang sampah pada tempatnya. Pada akhir kegiatan, Satu Asa Seratus Resapan membagikan seratus tempat sampah kepada masyarakat Kampung Carang Pulang untuk menampung sampah organik sebelum dimasukkan ke lubang biopori.

 

Penulis: Stella Noviana Sugondo

Editor: Hilel Hodawya

Foto: Satu Asa Seratus Resapan