5 Makanan untuk Kurangi Nyeri Saat Menstruasi

(Foto: vox.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Biasanya perempuan merasakan nyeri atau kram perut saat sedang menstruasi, khususnya pada hari pertama dan kedua. Ternyata rasa nyeri saat menstruasi merupakan hal yang wajar. Ketika masa menstruasi, otot-otot di rahim berkontraksi untuk dapat mengeluarkan darah kotor. Maka dari itu, banyak perempuan yang merasakan nyeri saat otot tersebut berkontraksi.

Ada beberapa obat penghilang nyeri khusus menstruasi. Namun selain mengonsumsi obat tersebut, terdapat beberapa makanan penambah nutrisi yang juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri. Apa saja makanannya? Yuk, simak artikel berikut!

  1. Salmon
Foto: drweil.com

Terdapat sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa perempuan yang banyak mengonsumsi omega 3 akan mengalami kram perut yang lebih ringan. Kandungan yang terdapat di dalam ikan salmon, yaitu omega 3 dan vitamin D berguna untuk mengurangi nyeri saat menstruasi. Selain itu, ikan salmon memiliki lemak anti inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

  1. Cokelat Hitam
Foto: medicalxpress.com

Cokelat juga dapat mengurangi kram perut saat menstruasi. Hanya saja, cokelat yang dikonsumsi harus merupakan cokelat hitam (dark chocolate) dengan kandungan 70 persen kakao. Walaupun rasanya pahit, cokelat hitam dapat membuat otot-otot lebih rileks karena cokelat ini kaya akan vitamin E.

  1. Pisang
Foto: detik.com

Biasanya kram perut ataupun otot dapat terjadi karena kita kekurangan kandungan kalium. Pisang mengandung vitamin B6 dan kalium sehingga dapat mengurangi kram perut serta kembung. Bila kita memakan pisang sebelum ataupun sesudah olahraga, buah ini bermanfaat untuk menghentikan kram otot.

  1. Telur
Foto: alodokter.com

Telur memiliki kandungan gizi yang baik karena mengandung protein, vitamin D, B6, dan E. Kandungan di dalam telur ini sangat berpengaruh untuk mengurangi gejala menstruasi seperti kram perut. Selain itu, kadar vitamin D pada telur juga bermanfaat untuk menjaga tingkat hormon estrogen sehingga rasa nyeri saat menstruasi tidak mengganggu aktivitas.

  1. Sayuran Hijau
Foto: foodandwine.com

Sayuran hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan dalam sayuran hijau seperti vitamin A, C, B6, dan E, serta kalium merupakan nutrisi yang dapat meringankan rasa sakit saat menstruasi. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan brokoli tinggi akan magnesium dan anti kram, sehingga berguna bagi perempuan untuk menghindari atau mengurangi kram pada perut saat sedang menstruasi.

 

Penulis: Stella Noviana Sugondo

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: vox.com, drweil.com, medicalxpress.com, detik.com, alodokter.com, foodandwine.com

Sumber: detik.com, idntimes.com, tribunnews.com