UCIFEST 12: Wadah Apresiasi di Tengah Keterbatasan

Konferensi Pers UCIFEST 12 yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada Senin (05/04/2021) merupakan salah satu dari serangkaian acara yang ada pada UCIFEST 21. (ULTIMAGZ/Rista Cynthia)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Di tengah keterbatasan pandemi Covid-19 dalam dunia perfilman, UCIFEST 12 kembali hadir dengan semangat, konsep, dan peluang baru untuk menjadi wadah apresiasi dalam berkarya bagi filmmaker muda.

Rangkaian acara UCIFEST 12 menjadi salah satu festival film pertama yang dilaksanakan secara daring dari tanggal 5-12 April 2021. Kegiatan ini terbagi menjadi beberapa bagian, yakni konferensi pers, acara pembukaan, pemutaran program non-kompetisi, diskusi program kompetisi, dan diskusi program non-kompetisi.

Selain itu, sebagai pelengkap, festival film daring ini juga mengadakan seminar, talkshow, forum bersama dengan pembicara hebat yang mengangkat tema seputar film dan animasi, terdapat juga pemutaran film dokumenter panjang berjudul “The Devil and The Deep Blue Sea”, dan pameran poster virtual film kompetisi.

Pemenang yang berhasil membuat karya terbaik akan diberi apresiasi dalam acara penutupan festival film UCIFEST tahun ini yang di antaranya terdapat sembilan kategori. Dengan adanya acara ini, diharapkan timbul semangat baru dalam diri para pemenang untuk melahirkan karya-karya yang lebih baik dan unggul.

“Untuk kategori pelajar, para pemenang mendapat potongan biaya jika ingin berkuliah di UMN. Selain itu, diharapkan UCIFEST dapat menjadi wadah apresiasi bagi para filmmaker dalam mengembangkan bakatnya dalam dunia perfilman,” ujar Sri Ratna Setiawati ketika ditanya mengenai apa keuntungan selanjutnya jika mengikuti kompetisi film UCIFEST 12.

Segala rangkaian acara dibuka untuk umum dan terbuka sehingga dapat dijadikan tempat untuk menambah koneksi dan menimbulkan ide-ide baru untuk saling menilai karya satu sama lain. Para penonton juga dapat menonton rangkaian acara dengan mudah melalui pranala yang disediakan oleh panitia di media sosial UCIFEST 12.

Bagi Ultimates yang tertarik di bidang perfilman dan animasi, segera ikuti rangkaian UCIFEST tahun-tahun selanjutnya, ya!

Penulis: Keisya Librani

Editor: Nadia Indrawinata

Foto: Rista Cynthia