Jadi Ciri Khas, Ini 5 Jenis Makanan yang Indonesia Banget

makanan yang indonesia banget (ultimagz)
Indonesia memiliki berbagai makanan yang unik, salah satunya adalah sambal. (Foto: ULTIMAGZ/ Kasyful Haq)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Apa yang terlintas pertama kali di kepala Ultimates ketika mendengar makanan yang Indonesia banget? Sambal, kerupuk, atau mungkin tempe.

Setiap negara memiliki ciri khas makanannya sendiri. Misalnya di Korea terkenal dengan kimchi, Jepang dengan sushi, dan masih banyak lagi. Indonesia pun memiliki makanan yang membuat orang langsung mengatakan, “Wah ini Indonesia banget” saat menyebut namanya.

Makanan Indonesia pun unik-unik karena menggunakan berbagai rempah yang hanya ada di Indonesia. Tidak perlu makanan yang berat, terkadang makanan pendamping yang paling sederhana pun akan membuatmu langsung teringat Indonesia. Contohnya, kerupuk.

Berikut ini merupakan 5 makanan ini akan menggambarkan Indonesia.

  1. Sambal
    sambal
    Sambal yang merupakan salah satu makanan pendamping di Indonesia. (Foto: ULTIMAGZ/Kasyful Haq)

Makanan pendamping dari berbagai macam lauk ini digemari banyak orang. Terbuat dari cabai yang dicampurkan berbagai macam bumbu dan bahan lainnya, sambal menjadi salah satu makanan yang Indonesia banget.

Walaupun pedas, tidak dapat dipungkiri kalau sambal dapat membuat orang menjadi senang. Melansir Detik.com, kandungan dalam cabai dapat memicu pelepasan endorfin yang merupakan zat kimia dalam tubuh yang menimbulkan perasaan senang. Di Indonesia sendiri ada berbagai macam jenis sambal seperti sambal mangga, terasi, bajak, dan andaliman. 

  1. Kerupuk
    kerupuk
    Indonesia memiliki berbagai macam kerupuk, salah satunya adalah kerupuk putih yang biasa dimakan dengan bakso. (Foto: playworld.id)

Siapa yang tidak suka kerupuk? Makanan pendamping ini terbuat dari tepung tapioka atau beras. Saat mengigitnya akan membuat suara “kriuk” dengan rasa yang gurih.

Biasanya yang paling membuat ciri khas dari kerupuk ini adalah dimakan dengan kecap, kerupuk kecap. Kadang kerupuk juga disantap bersamaan dengan sambal. Harganya pun dapat dikatakan murah.

  1. Tempe
    Tempe
    Tempe merupakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai kedelai yang difermentasikan. (Foto: onegreenplaner.org)

Makanan dari kacang kedelai ini akan sulit ditemukan di luar negeri. Tempe menjadi salah satu makanan pendamping, tetapi dapat juga menjadi lauk utama.

Selain itu, tempe juga mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Berdasarkan artikel Halodoc.com, tempe memiliki protein yang tinggi dan rendah kandungan lemak. Komposisi retinolnya juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi. 

Biasanya tempe disajikan dengan cara digoreng, orek, atau dimasak balado. Tempe sendiri sudah terdengar Indonesia banget karena tidak ada bahasa lainnya yang menggantikan padanan kata “tempe”.

  1. Gado-gado
    gado-gado
    Indonesia juga mempunyai salad dengan ciri khasnya tersendiri yang gdinamai gado-gado. (Foto: culinessa.com)

Beralih dari makanan pendamping, gado-gado merupakan makanan utama yang biasa disantap sebagai makan siang. Makanan satu ini bisa dikatakan sebagai ‘salad’-nya orang Indonesia. Hal ini disebabkan oleh isi dari gado-gado yang terbuat dari berbagai macam sayuran seperti toge, wortel, kubis, kentang, bayam, bahkan tahu dan tempe. Sayuran tersebut kemudian di baluri dengan bumbu kacang dan disajikan dengan kerupuk.

  1. Rendang
    Rendang
    Rendang menjadi salah satu makanan Indonesia yang dikenal seluruh dunia dan termasuk sebagai makanan terenak. (Foto: omnivorescookbook.com)

Siapa yang tidak kenal rendang? Makanan asal Minangkabau ini bahkan sudah dikenal di seluruh dunia. Jangan heran jika makanan Indonesia banget yang disebutkan adalah rendang.

Makanan yang berbahan dasar daging sapi ini dimasak bersama dengan rempah-rempah dan santan. Kemudian dimasak dengan waktu yang lama, bahkan memakan waktu lebih dari empat jam. Rendang juga ada dua jenis, rendang kering atau rendang basah (kalio).

 

Penulis: Maytiska Omar

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: ULTIMAGZ/Kasyful Haq, playworld.id, onegreenplaner.org, culinessa.com, omnivorescookbook.com

Sumber: detik.com, halodoc.com, idntimes.com, kumparan.com, liputan6.com