We Will Have Been Young: Pameran Fotografer Muda Asia Tenggara

Festival Fotografi OBSCURA menggelar pameran bertajuk We Will Have Been Young di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan yang dilaksanakan pada Rabu (09/05/18) hingga Minggu (27/05/18). Pameran tersebut menampilkan karya 12 fotografer muda Asia Tenggara.
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Festival Fotografi OBSCURA menggelar pameran bertajuk We Will Have Been Young di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan. Pameran fotografi tersebut berlangsung sejak Rabu (09/05/18) hingga Minggu (27/05/18).

Bekerja sama dengan Goethe-Institut Malaysia serta Ostkreuz Agentur der Fotografen, pameran ini menampilkan berbagai karya fotografer muda dari delapan negara di Asia Tenggara. Negara-negara tersebut meliputi Malaysia, Singapura, Filipina, Indonesia, Kamboja, Vietnam, Thailand, dan Myanmar. Karya yang dipamerkan merupakan karya terpilih dari peserta yang mengikuti ‘Masterclass Fotografi Asia Tenggara’ Tobias Kruse dan Jörg Brüggemann yang dilaksanakan pada 2016 lalu.

“Setiap peserta masterclass mengembangkan konsepnya di negara asal masing-masing. Setelah semua karya terkumpul, mentor melihat karya-karya tersebut memiliki benang merah antarfotografer, akhirnya diadakan pameran ini,” jelas Dayna, exhibition guide pameran.

Karya yang ditampilkan dalam We Will Have Been Young berkaitan dengan isu yang terjadi dalam kehidupan remaja. Beberapa di antaranya seperti kencan online dan transformasi hubungan, penyakit dan dampak psikologis yang ditimbulkan, perumahan sosial dan urbanisasi, konstelasi keluarga dan identitas.

Di antara sekian karya dalam pameran, terdapat dua foto yang merupakan hasil karya fotografer Tanah Air, mereka adalah Dwi Asrul Fajar dan Muhammad Fadli. Karya kedua belas fotografer muda tersebut dikumpulkan dalam sebuah buku.

Sebelumnya, pameran ini ditampilkan dalam Festival Fotografi OBSCURA 2017 di Malaysia. Festival ini kemudian akan dilanjutkan dengan tur keliling negara lainnya di Asia Tenggara dan Kawasan Asia-Pasifik serta Jerman.

 

Penulis : Agatha Lintang

Editor : Hilel Hodawya

Foto : Agatha Lintang