ARMY Boikot VMA 2019 dengan Acara Penghargaan Sendiri

Boyband K-Pop BTS saat tampil di Billboard Music Awards (BBMAs) 2019. (Foto: Billboard.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Penggemar boyband asal Korea Selatan BTS, yang dikenal dengan sebutan ARMY, memboikot MTV Video Music Awards (VMA) 2019 dengan tidak menonton acara tersebut dan membuat acara penghargaan mereka sendiri di Twitter. Aksi tersebut disebabkan karena kategori baru VMA bertajuk Best K-Pop dianggap menimbulkan kontroversi.

Kategori tersebut menominasikan lima artis K-Pop, yaitu BTS, TXT, EXO, BLACKPINK, MONSTA X, dan NCT 127. MTV mengharapkan kategori baru ini dapat menarik perhatian penggemar K-Pop. Namun sebaliknya, kategori tersebut malah menimbulkan reaksi keras, terutama dari ARMY.

Mereka menduga bahwa kategori baru itu hanyalah sebuah xenophobia, atau ketidaksukaan terhadap orang dari negara lain, yang disamarkan untuk memisahkan artis Korea Selatan dengan artis barat pada umumnya sehingga tidak dapat bersaing untuk penghargaan tertinggi. Padahal, artis-artis tersebut kerap menduduki posisi teratas dari berbagai tangga lagu, miliaran views untuk musik video, dan pengaruh yang besar terhadap industri musik.

Tak hanya itu, penggemar juga menyebarkan dugaan tersebut melalui Twitter dengan tagar #VMAsRacist dan #VMAsXenophobic.

BTS sendiri mendapatkan nominasi dalam beberapa kategori berikut: Best K-Pop, Best Group, Best Choreography, Best Collaboration, dan Best Art Direction. Walaupun tidak mendapatkan nominasi dalam kategori-kategori utama, seperti Artist of The Year, Song of the Year, dan Video of the Year, ARMY secara kolektif tetap memutuskan untuk memberikan dukungan dengan cara melakukan voting tanpa menonton siaran VMA tersebut.

VMA 2019 dilaksanakan di New Jersey pada Selasa (27/08/19) dan tidak ada satupun dari kategori Best K-Pop yang datang. BTS sendiri sedang dalam masa rehat, seperti yang diumumkan oleh agensinya BigHit Entertainment pada Minggu (11/08/19) lalu.

Selama acara berlangsung, seorang ARMY dengan username @highlight_army membuat sebuah proyek dengan tagar #BTSMVAwards, #BTSMVA (BTS Music Video Awards), dan #PurpleCarpet. Beberapa ARMY juga mengedit berbagai foto artis yang tengah berjalan di ‘Purple Carpet’, yaitu plesetan dari ‘Red Carpet’, karena ungu merupakan warna yang merepresentasikan BTS.

 View image on Twitter

Bahkan, ARMY juga dapat memberi voting melalui laman khusus untuk berbagai kategori, seperti: Best Social Message, Hidden Gem, dan Best Styling.  Komunitas penggemar tersebut juga menggelar “pesta streaming” sambil berbincang online dengan sesama penggemar lainnya.

Dilansir dari Pitchfork, siaran VMA ini juga merupakan siaran dengan rating terendah dari sepanjang sejarah VMA dan hanya mampu mencapai 1,9 juta penonton, seperti ditulis pitchfork.com. Sebelumnya, VMA 2018 juga mendapatkan rating yang cukup rendah dengan jumlah 2,25 penonton.

Penulis: Xena Olivia

Editor: Audrie Safira Maulana

Foto: Billboard.com

Sumber: mashable.com, cheatsheet.com, cosmopolitan.com, variety.com, teenvogue.com, pitchfork.com