Bersantai Bersama Kucing di “The Island of Cats”

Bersantai Bersama Kucing di “The Island of Cats” (ULTIMAGZ)
Poster film "The Island of Cats" (Foto: dTV)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com—Menghabiskan waktu tenang merupakan skenario idaman setiap orang, apalagi saat sedang sibuk dengan berbagai pekerjaan. Bagi para pecinta kucing, bersantai dengan hewan favorit akan terdengar nyaman sekali. Inilah skenario yang disajikan dalam “The Island of Cats”.

Film “The Island of Cats” bercerita tentang Daikichi (Shinnosuke Tatekawa), seorang kakek yang tinggal berdua dengan kucingnya, Tama di sebuah pulau kecil. Hidup Daikichi di pulau penuh kucing itu berlangsung tenang. Namun, putranya, Tsuyoshi (Takashi Yamanaka) khawatir dengan ayahnya yang tinggal sendirian.

Sehari-hari Daikichi berinteraksi dengan penduduk-penduduk pulau lain. Salah satunya adalah Iwao (Kaoru Kobayashi), seorang nelayan sekaligus teman masa kecilnya. Meskipun mayoritas penduduk lanjut usia, ada kalanya orang muda pindah ke pulau. Mereka adalah Wakamura (Tasuku Emoto), satu-satunya dokter di sana dan Michiko (Kou Shibasaki) yang baru membuka kafe kecil dengan pemandangan laut.

Film dengan judul asli “Neko to Jii-chan” ini memiliki cerita santai dan tidak terlalu berat. Hanya karena termasuk ke dalam genre slice of life, bukan berarti film ini membosankan. “The Island of Cats” juga memiliki banyak bagian yang menimbulkan senyum di wajah para penonton. Dari aksi Tama yang berusaha mendekati kucing lain tetapi ditolak, hingga kesuksesan dan kegagalan Daikichi memasak kembali resep istrinya.

Unsur drama juga merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan. Namun, tidak ada yang terlalu berat dan menyedihkan. Di beberapa momen, ada kalanya Daikichi mengenang almarhum istrinya. Setelah momen-momen seperti ini, penonton hanya akan merasa puas dan hangat.

Film ini adalah karya pertama sutradara Mitsuki Iwago yang sebelumnya berprofesi sebagai fotografer satwa liar. Meskipun “The Island of Cats” hanya menyoroti kucing, tetapi perhatian Iwago terhadap tingkah laku mereka terlihat dalam pengambilan gambar. Adegan para kucing berkumpul hingga bertengkar tidak kalah seru dan indah dengan film dokumenter hewan di hutan Borneo.

Secara keseluruhan, “The Island of Cats” adalah film yang cocok bagi mereka yang hanya ingin bersantai setelah bekerja seharian. Kisah yang sederhana, pemandangan indah, dan kucing-kucing lucu menjadi gabungan spesial.

 

Penulis: Nadia Indrawinata

Editor: Andi Annisa Ivani

Foto: dTV