Mi Air Charge, Teknologi Pengisian Daya Via Udara dari Xiaomi

Xiaomi Mi Air Charge
Mi Air Charge, inovasi pengisian daya super canggih dari Xiaomi. (Foto: youtube.com/xiaomi)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Xiaomi memperkenalkan teknologi terdepan dalam pengisian daya yang sepenuhnya tanpa kabel melalui rancangan produk terbarunya, Mi Air Charge.

Setelah sebelumnya berbagai jenama pesaing xiaomi telah berinovasi dengan mengeluarkan produk pengisian daya fast-charging dan wireless-charging dock. Xiaomi berusaha kembali mendominasi teknologi dengan diperkenalkannya inovasi yang tak terkalahkan dan bahkan tak disangka-sangka, melalui ‘pengisian daya lewat udara’.

Diperkenalkan melalui laman resmi Xiaomi Internasional pada Jumat (29/01/21), Mi Air Charge seketika langsung Booming di kalangan pencinta gadget dan teknologi. Bagaimana tidak, Xiaomi dengan percaya diri mengatakan bahwa mereka akan membawa dunia untuk masuk ke dalam “true wireless charging era”.

“This is a revolutionary innovation of wireless charging. This is also a bold attempt to turn the whole house wireless. It’s not science fiction, it’s technology. This is Xiaomi’s self-developed remote charging technology.” -Xiaomi

Dengan hadirnya teknologi ini, pengguna dapat mengisi daya gawai mereka tanpa perlu berada di dekat alat pengisian daya dan menggunakan  kabel yang menyambung ke gawai mereka. Pengguna dimungkinkan untuk mengisi daya sambil bebas bergerak tanpa perlu repot-repot meletakkan gawai mereka pada charging dock. Hal yang perlu dilakukan hanyalah masuk ke ruangan dan secara otomatis daya gawai mereka akan segera terisi.

Cara Kerja

Melalui laman yang sama, Xiaomi menjelaskan bahwa Mi Air charge bekerja menggunakan 144 buah antena yang memancarkan daya sebesar 5 watt kepada seluruh perangkat yang berada di dalam jangkauan mereka secara sepenuhnya tanpa kabel. Teknologi tersebut dinamakan “extremely narrow millimeter-wide wave beam”.

Daya yang dipancarkan oleh Mi Air Charge kemudian akan diterima oleh seluruh smartphone dan Smart-gadget yang telah dilengkapi dengan set antena khusus bernama Receiving-antenna array dan beacon-antenna.

Meskipun antusiasme masyarakat terhadap inovasi ini sudah sangatlah besar, tapi pihak Xiaomi menyatakan bahwa mereka belum tahu kapan produk ini akan dirilis ke pasaran. Dihimpun dari TechCrunch, Sabtu (30/01/21) perwakilan dari Xiaomi memastikan bahwa Mi Air Charge tidak akan dikomersialkan tahun ini.

Penulis: Reynaldy Michael Yacob
Editor: Xena Olivia
Foto: Xiaomi
Sumber: blog.mi.com, techcrunch.com, kompas.com