Netflix Tayangkan Film Indonesia untuk Peringati Hari Film Nasional

netflix
Ilustrasi Netflix (Foto: uzone.id)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Layanan aliran film Netflix mengumumkan tayangnya beberapa film Indonesia pilihan dalam rangka memperingati Hari Film Nasional pada Senin (30/03/2020). Pengumuman ini dibuat sebagai bagian dari edisi perdana majalah ZINETFLIX untuk memperingati hari yang sama.

“Di majalah yang akan aku rilis 30 Maret nanti ini, banyak pengetahuan tentang film Indonesia yang keren-keren, ditulis oleh kontributor yang keren juga!” tulis akun resmi Netflix Indonesia pada unggahannya tentang daftar judul rubrik. Namun, dari semuanya yang telah diungkap pada gambar tersebut tidak lupa juga bagian “Akan Datang di Netflix”.

Di sinilah beberapa judul terpilih dibahas untuk edisi khusus ini. Judul film yang akan ditayangkan, di antaranya Banda The Dark Forgotten Tail (2017), A Copy of My Mind (2015), dan Si Doel The Movie (2018). Ketiga film ini memiliki keunikannya masing-masing yang tidak terlepas dari kisah maupun sejarah yang menarik.

Banda The Dark Forgotten Tail adalah film dokumenter tentang pulau tempat tumbuhnya biji pala, sekaligus debut Jay Subyakto sebagai sutradara dokumenter. A Copy of My Mind mengisahkan tentang kisah cinta antara pekerja salon dan pembuat subtitle DVD bajakan. Sementara itu, Si Doel The Movie diangkat dari sebuah kisah klasik sinetron tahun 1990an.

Tidak semua yang terpilih adalah karya yang murni dari ide para pembuat film. Selain judul-judul yang sudah disebutkan sebelumnya, layanan aliran film asal Amerika Serikat ini juga akan menayangkan beberapa film berdasarkan naskah buku-buku populer. Judul-judul ini terdiri dari #TemanTapiMenikah (2018), Bumi Manusia (2019), dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020). Semuanya akan rilis pada Mei mendatang, dengan pengecualian pada film berdasarkan karya penulis Pramoedya Ananta Toer.

Sebelumnya, perusahaan yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud) memang sudah mengumumkan beberapa film karya anak bangsa lainnya untuk tanggal rilis 31 Maret 2020, sehari setelah Hari Film Nasional. Di antaranya adalah Pintu Terlarang dan Modus Anomali karya sutradara ternama Joko Anwar. Ada pula Tabula Rasa, sebuah kisah tentang seorang anak rantau yang mimpinya menjadi pemain sepak bola terpaksa kandas.

Penulis: Nadia Indrawinata

Editor: Agatha Lintang

Sumber: Netflix, tirto.id, medcom.id

Foto: uzone.id