“Our Planet”, Seri Dokumenter yang Angkat Keanekaragaman Hayati Bumi

our planet
Bumper serial dokumenter Our Planet. (Foto: worldwildlife.org)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.comOur Planet merupakan seri dokumenter hasil kerjasama Netflix, World Wide Fund for Nature (WWF), dan Silverbacks Film. Dirilis pada 2019, film ini menceritakan tentang keberagaman makhluk hidup yang tinggal di berbagai belahan dunia. Mengutip dari laman resmi Netflix, musim pertama film ini terdiri dari delapan episode, yang masing-masing episodenya menyajikan beragam ekosistem di bumi, mulai dari ekosistem lautan, hingga ke gurun.

Dokumenter ini menyampaikan segala keunikan makhluk hidup yang tinggal bersama dengan manusia di bumi lewat cara-cara yang lucu, tetapi juga dapat menyentuh hati.  Seri ini menyoroti kebiasaan-kebiasaan lucu yang dilakukan oleh berbagai macam hewan yang tinggal di bumi, dan membuat penontonnya tergelak dan terkagum-kagum, seperti kebiasaan burung manakin jantan yang melakukan pertunjukkan tari bersama teman-temannya untuk menarik perhatian betina. Selain itu, seri ini juga menunjukkan bagaimana kemudian suatu makhluk hidup memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan makhluk hidup lain dan lingkungan tempatnya tinggal.

Episode pertama seri Our Planet dibuka dengan judul Our Planet, One Planet. Ekosistem yang diangkat dalam episode pertama adalah habitat burung kormoran dan angsa batu yang hidup di daerah laut dangkal. Selain itu, episode berdurasi 49 menit ini juga mengangkat habitat beruang kutub dan penguin di Laut Antartika. Ditunjukkan pula bahwa saat ini gletser di benua Antartika semakin meleleh. Episode perdana ini juga menyajikan visualisasi bagaimana kemudian fenomena itu terjadi.

Episode lain dari seri Our Planet mengangkat kisah tentang ekosistem laut dalam, dengan judul Our Planet, Coastal Seas. Salah satu makhluk hidup yang tinggal di ekosistem ini adalah terumbu karang. Dalam episode keempat di seri ini, diceritakan pula bagaimana terumbu karang kemudian berperan sebagai penghasil oksigen dunia, juga bagaimana perannya bagi ikan-ikan kecil seperti ikan badut. Pun, permasalahan yang mengancam terumbu karang serta caranya untuk menyembuhkan dirinya sendiri tidak luput untuk dikisahkan. Contohnya adalah terumbu karang yang ada di Raja Ampat, Papua, Indonesia.

Our Planet menjadi seri dokumenter yang sangat cocok untuk memperkenalkan keanekaragaman hayati di bumi. Seri ini dapat membantu menumbuhkan rasa kepedulian manusia terhadap makhluk hidup lainnya. Melalui pemahaman mengenai keanekaragaman hayati, diharapkan manusia sadar akan permasalahan lingkungan, dan akhirnya melakukan sesuatu untuk memperbaiki permasalahan lingkungan.

 

Penulis: Ida Ayu Putu Wiena V.

Editor: Andi Annisa

Sumber: netflix.com, ourplanet.com

Foto: worldwildlife.org