Pengaruh Parasite pada ‘Dinding Satu Inci Subtitle’ di Hollywood

team parasite oscar
Tim "Parasite" di belakang panggung setelah memenangkan Oscar untuk mendapatkan Best Picture di 92nd Academy Awards. (Los Angeles Times)
Share:

“Once you overcome the one inch tall barrier of subtitles, you will be introduced to so many more amazing films.”
–Bong Joon Ho

SERPONG, ULTIMAGZ.com –  Bong Joon Ho mengkritik penikmat film Amerika secara gamblang melalui pidato kemenangan film garapannya Parasite dalam acara penghargaan Golden Globe. Acap kali, film berbahasa asing (non-Inggris) di Amerika Serikat kalah saing dengan film produksi Hollywood, tanpa ada tinjauan faktor kualitas film itu sendiri.

Namun, hadirnya Parasite membuat masyarakat dunia tertarik untuk menonton film dari Negeri Ginseng tersebut. Film dengan genre thriller ini meraup 5,5 juta USD selama akhir pekan sejak kemenangannya dalam Oscar. Ini merupakan kenaikan yang signifikan, dengan angka 234%, untuk penjualan tiket pasca-Oscar serta pendapatan terbesar untuk pemenang Best Picture dalam 10 tahun terakhir.

Seminggu setelah kemenangannya, Parasite meraup 8,8 juta USD. 20% dari angka tersebut berasal dari bioskop-bioksop AS. Sampai saat ini, Parasite mendapatkan 44 juta USD di AS, yang tergolong sangat besar untuk film berbahasa asing.

Secara global, film yang tayang pada 2019 menghasilkan 131 juta USD, sedangkan total perolehan Parasite mencapai 175 juta USD. Angka tersebut menunjukkan antusiasme dari penikmat film di seluruh dunia, termasuk AS yang berkontribusi lebih dari 25% atas pendapatan Parasite. 

Selain antusiasme yang tinggi dari para penikmat film, penghargaan yang diperoleh Parasite menjadi pendobrak utama runtuhnya dinding satu inci subtitle. Dilansir dari IMDb, Parasite mengoleksi 205 kemenangan dan 182 nominasi termasuk penghargaan kepada para aktor dan aktrisnya.

infografik awards parasite

Kesuksesan Parasite merambah hingga wacana pembuatan adaptasi film berbentuk serial pada jaringan televisi AS, HBO. Aktris Tilda Swinton yang sebelumnya pernah bekerja dengan Bong Joon Hoon di Snowpiercer dan Okja menjadi bintang yang digaet dalam proyek teranyar ini. Selain Tilda, Mark Ruffalo juga menjadi salah satu aktor yang ditargetkan memerankan serial ini.

Penulis: Theresia Amadea

Editor: Maria Helen Oktavia

Foto: latimes.com

Sumber: nytimes.com, theguardian.com, variety.com, washingtonpost.com, boxofficemojo.com, thedigitalweekly.com, deadline.com, nme.com