Reuni dengan Pennywise dalam “IT Chapter 2”

The Losers yang sudah dewasa dalam salah satu adegan di "IT Chapter 2". (sumber: imdb.com).
Share:

Artikel ini mengandung bocoran (spoiler) dari film IT Chapter 2

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Sekuel dari film adaptasi novel Stephen King kembali hadir. Dengan tajuk IT Chapter 2, The Losers melakukan reuni dengan karakter badut dari masa kanak-kanak mereka. Sebelumnya, film pertama Pennywise ini rilis pada tahun 2017.

Mengambil latar cerita 27 tahun setelah The Losers bertemu dengan Pennywise di gorong-gorong, Bill Denbrough (James McAvoy) dan kawan-kawan kembali ke Derry, kota masa kecil mereka. Sebelumnya, mereka memutuskan untuk menghidupi jalan mereka masing-masing dengan meninggalkan kenangan masa lalu mereka di Derry.

Selain Bill, sekuel ini kembali menghadirkan Mike Hanlon (Isaiah Mustafa), Eddie Kaspbrak (James Ransone), Richie Tozier (Bill Hader), Ben Hanscom (Jay Ryan), Beverly Marsh (Jessica Chastain) dan Stanley Uris (Andy Bean). 

Film IT Chapter 2 langsung dibuka dengan adegan yang menggambarkan bahwa Pennywise (Bill Skarsgard) sudah kembali. Lalu, disusul dengan gambar kehidupan The Losers 27 tahun setelahnya, konflik sudah muncul sejak film ini dimulai.

Adegan dalam film “IT Chapter 2” ketika The Losers reuni di Derry. (sumber: imdb.com).

Para tokoh utama dikisahkan sudah move on dari kehidupan lama mereka. Kini, masing-masing sudah berkeluarga dan memiliki pekerjaan yang terbilang tak biasa. Namun, di tengah ketakutan mereka usai satu telepon dari Mike Hanlon, perjanjian darah di masa lampau membawa mereka untuk kembali bertemu.

Seperti film IT (2017), sekuel kedua Pennywise ini memiliki banyak jump scare dengan wujud badut seram khas IT yang berubah-ubah. Beberapa adegan pun berhasil membawa penonton ikut gemas dengan keisengan seram Pennywise kepada The Losers.

Walaupun bergenre horor, reuni ini tetap menghadirkan tawa dari percakapan maupun celetukan dari para karakter. Melansir idntimes.com, unsur komedi yang disampaikan di film sekual ini lebih banyak daripada film sebelumnya. Komedi yang dilontarkan pun lebih garing dan receh. 

Untuk Ultimates yang belum menonton film sebelumnya, akan kesulitan untuk mengikuti alur cerita film ini. Hal ini dikarenakan debut kedua Pennywise ini memiliki alur maju mundur. Hal tersebut terjadi karena ingin melengkapi keseluruhan cerita, melansir dari cnnindonesia.com. Namun jika Ultimates dapat mengikuti alur ceritanya apabila sudah membaca buku karya Stephen King ini.

 

Secara sinematografi, film IT Chapter 2 memanjakan mata penonton yang mendambakan sajian visual berkualitas. Efek suara dan latar tempat pun juga tergambarkan dengan baik. Film yang kembali digarap Andy Muschietti ini dapat dikatakan berhasil dari sisi sinematografi. 

Hal lainnya yang menarik dari IT Chapter 2 ialah kemiripan akting para aktor dan aktris dengan versi anak-anak di film pertamanya. Bahkan, beberapa karakter memiliki kemiripan secara fisik. Hal ini membuat para penonton dapat menerka karakter-karakter sejak awal mulai film tanpa penjelasan yang terlalu panjang. Beberapa cuplikan dari film IT pertama juga memberikan konteks di film ini sehingga lebih jelas memetakan cerita.

Film horor yang berdurasi hampir tiga jam ini, mendapatkan nilai 7.2/10 oleh IMDB, dan 64% oleh Rotten Tomatoes. Nilai tersebut tak melebihi film pertamanya. 

 

 

Penulis: Rachel Rinesya 

Editor: Ivan Jonathan

Sumber: imdb.com, cnnindonesia.com, idntimes.com

Foto: imdb.com