“Us” Tonjolkan Perbedaan Kelas Sosial Masyarakat

Salah satu adegan film "Us" yang menampilkan para kembaran dari keluarga Wilson. (Foto: film-rezensionen.de)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com—Setiap manusia dikabarkan mempunyai tujuh kembaran lainnya di muka bumi ini. Dikenal sebagai doppelganger, mereka tersebar secara luas, baik dalam jarak yang jauh ataupun dekat dari satu sama lain. Film bertajuk Us menekankan tema tersebut, tetapi balutan unsur thriller dalam alur cerita membuat sosok kembaran ini menjadi sebuah ancaman.

Disutradarai oleh Jordan Peele, Us mengisahkan tentang keluarga Wilson yang diteror oleh keluarga berpakaian merah yang mempunyai wujud serupa dengan mereka. Kejadian ini berawal dari masa kecil Adelaide Wilson, selaku istri dan ibu dari keluarga, ketika ia bertemu dengan kembaran antagonisnya di pantai Santa Cruz. Sejak itu, kembaran yang bernama Red tersebut mulai mengikuti keberadaanya hingga dewasa.

Konsep cerita yang diusung dalam film bergenre horror dan thriller ini bisa dibilang unik. Para penonton mungkin tidak akan menangkap makna ceritanya secara langsung dalam sekali tonton. Meski demikian, terdapat beberapa adegan dalam film yang dianggap sebagai makna utama. Salah satunya adalah kehidupan sang kembaran yang bertolak belakang dari kehidupan sosok aslinya, yang mana kehidupan kembaran itu dianggap sengsara karena hanya mengikuti gerak-gerik serta kemauan dari sosok asli.

Perbedaan kehidupan ini  pun seakan-akan menunjukkan adanya perbedaan kelas sosial yang signifikan antara kelas atas dan bawah di kalangan masyarakat. Di sisi lain, para kembaran antagonis yang meneror sosok asli mereka juga menggambarkan bagaimana mereka mencoba untuk “memberontak” dari kehidupan miris yang dijalani.

Terlepas dari konsepnya yang bisa dibilang tidak biasa, musik yang digunakan dalam film ini patut diapresiasi. Alunan biola klasik yang dipadukan dengan paduan suara memberi kesan tegang dan ngeri, terlebih pada bagian awal dan klimaks. Di sisi lain, masing-masing karakter berhasil dihidupkan oleh kemampuan akting yang ciamik dari para aktor dan aktris, terutama Lupita Nyong’o yang memainkan karakter Adelaide dan Red.

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: film-rezensionen.de