Jejak Anggota K-pop Asal Indonesia di Z-Girls dan Z-Boys

Z-Girls dan Z-Boys yang terbentuk dari ajang Z-POP Dream debut pada 23 Febuari 2019. (Foto: Kapanlagi)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Sebelumnya sudah ada idola Kpop dari Indonesia, yakni Loudi dari 14U. Menyusul kiprah Loudi, kini ada Vanya yang tergabung dalam Z-Girls dan Mavin di Z-Boys.

Idola Kpop pertama dari Indonesia adalah Loudi, yang debut dalam boy band 14U. Sayangnya grup ini bubar pada 10 Mei 2019. Sehingga dapat dikatakan Loudi bukan lagi idol untuk saat ini. Namun, pada 23 Febuari 2019 sebuah girl band dan boy band di bawah naungan Zenith Media Content (ZMC) debut dengan nama Z-Girls dan Z-Boys. Salah satu member dari tiap grup ada yang berasal dari Indonesia.

Zhavanya Meidi Hendranata atau biasa disapa Vanya ini masuk ke dalam grup Z-Girls. Ia debut sebagai main vocal, main dancer, dan rapper. Wanita kelahiran 1996 ini sebelumnya juga tergabung dalam grup SoulSisters. Mereka adalah grup wanita yang terbentuk dari ajang pencarian bakat The Next Boy/Girl Band.

Selain Vanya, ada pula Mavin yang tergabung dalam Z-Boys. Posisinya adalah sebagai leader, lead dancer, main rapper, dan vocalist. Sama seperti Vanya, pria yang bernama Malvin Saputra ini dulunya mengikuti The Next Boy/Girl Band dan debut dengan nama B Force. Selain itu, ia juga menjadi juara ketiga pada acara NEZ Academy sebagai dancer.

Vanya dan Mavin mempunyai channel Youtube mereka sendiri bernama Van Vin Fun. Mereka juga telah berkencan selama tiga tahun. Hal ini merupakan tidak biasa di industri Kpop. Biasanya, jarang ada idol di Korea Selatan yang berkencan secara terang-terangan. Namun, kembali lagi pada konsep Z-Pop Dream yang ingin membuat idolanya terkenal secara global.

Z-Girls dan Z-Boys sendiri sampai sekarang hanya mengeluarkan dua lagu masing-masing. Lagu Z-Girls berjudul ‘What Are You Waiting For’ dan ‘Streets of Gold’, sedangkan Z-Boys punya lagu ‘No Limit’ dan ‘Holla Holla’. Semua lagunya menggunakan bahasa Inggris, tetapi tidak meninggalkan ciri khas musik Kpop.

Mereka debut di Jamsil Indoor Stadium lewat acara Z-Pop Dream Live in Seoul. Artis Korea lain pun turut meriahkan acaranya, seperti Monsta X, Rain, APINK, Wanna.B, Chungha, Lipbubble, dan tweety.

Kedua group ini dibentuk berdasarkan audisi di negara-negara Asia, tapi tidak untuk orang Korea Selatan. Setiap grup memiliki tujuh anggota dan semuanya berasal dari negara-negara yang berbeda. Ajang ini sendiri disebut sebagai Z-Pop Dream. Sekarang ini mereka sedang membuka audisi lagi untuk generasi kedua.

 

Penulis: Maytiska Omar

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: kapanlagi

Sumber: zpopdream.io, kprofiles.com, tribunnews.com