Kecuali Amerika Utara dan Jepang, Netflix Resmi Tayangkan Film Animasi Studio Ghibli

Beberapa film karya Studio Ghibli yang akan ditayangkan pada layanan streaming Netflix (Foto: theverge.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Kabar baik bagi para penggemar film animasi asal Jepang. Pada Senin (20/01/20), layanan streaming Netflix mengumumkan bahwa film-film besutan Studio Ghibli akan resmi ditayangkan mulai bulan depan.

Sayangnya, tayangan ini tidak akan tersedia di Jepang, Kanada, dan Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan layanan streaming  HBO Max telah mendapatkan hak atas film-film karya Hayao Miyazaki tersebut dan akan mulai menayangkannya pada musim semi 2020. Selain itu, hak penayangan di Amerika Utara ini juga bertujuan sebagai upaya untuk menjaga saluran anak-anak serta menghadapi kompetitor di pasar streaming.

Sebelumnya, Studio Ghibli dikabarkan tidak menerima tawaran streaming apapun. Pihak dari studio film animasi yang paling dikenal lewat film My Neighbor Totoro ini lebih memilih penayangan layar lebar dan penjualan media fisik. Kendati demikian, hal ini berubah ketika HBO Max mendapatkan hak atas penayangan film-film tersebut secara perdana.

Di Jepang sendiri, Studio Ghibli belum dapat tersedia di layanan streaming manapun. Namun, film-film tersebut akan tetap ditayangkan di saluran televisi lokal.

“Ini adalah mimpi yang terwujud bagi Netflix,” ungkap Direktur Animasi Netflix Aram Yacoubian. Yacoubian juga turut mengapresiasi Studio Ghibli yang sukses membangun minat tinggi dari penonton di seluruh dunia selama lebih dari 35 tahun.

Menurut pernyataan resmi dari Netflix, ini adalah kali pertama Studio Ghibli akan diterjemahkan dalam 28 bahasa untuk teks dan 20 bahasa untuk isi suara.

Berikut adalah film-film Studio Ghibli yang akan ditayangkan mulai 1 Februari 2020 mendatang:

  1. Castle in the Sky
  2. My Neighbor Totoro
  3. Kiki’s Delivery Service
  4. Only Yesterday
  5. Porco Rosso
  6. Ocean Waves
  7. Tales from Earthsea

Penulis: Nadia Indrawinata

Editor: Audrie Safira Maulana

Foto: theverge.com

Sumber: animenewsnetwork.com, japantimes.co.jp