Lima Platform Nulis ala Wattpad untuk Menemani Liburan

Lima platform nulis ala Wattpad.
Sumber: joinskala.com
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Ultimates yang memiliki ketertarikan dalam bidang literasi pasti sudah tidak asing dengan aplikasi seperti Wattpad. Wattpad adalah platform nulis yang menyediakan ruang bagi penulis memublikasikan karyanya dengan jangkauan mendunia, karya-karya yang ada juga dapat dibaca secara gratis. 

Tidak secara cuma-cuma, banyak pula penulis beruntung yang mendapatkan kesempatan untuk menghasilkan uang dari karyanya. Karya dengan angka views yang tinggi berpotensi untuk mendapatkan tawaran dari Wattpad untuk menjadikannya karya berbayar. Tak jarang juga penulis akan dilirik pihak penerbitan dan memiliki kesempatan untuk menerbitkan karyanya.

Melewati liburan dengan hanya berada di rumah ketika pandemi seperti ini dapat menimbulkan kebosanan. New-Normal dan beberapa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah dihentikan. Namun, akan lebih baik untuk Ultimates tetap #DiRumahAja. Pasalnya, New-Normal ditujukan untuk membangun kembali perekonomian negara, bukan berarti Indonesia sudah terbebas dari COVID-19.

Untuk menemani liburan di rumah, Ultimagz sudah menyiapkan beberapa platform nulis yang serupa seperti Wattpad untuk Ultimates yang memiliki ketertarikan di bidang literasi seperti menulis dan membaca. Siapa tahu, Ultimates juga mendapatkan kesempatan untuk menambah uang jajan. Berikut beberapa diantaranya, 

  1. Storial.co
    Storial.co tidak hanya berbasis situs, tetapi juga aplikasi. Berbasis Bahasa Indoensia, Storial.co sering membuka perlombaan menulis dengan total hadiah yang fantastis. Ultimates juga dapat menemukan komunitas penulis di Storial.co, hal yang jarang ditemui di platform menulis lainnya.
  2. Penana
    Berbasis internasional dengan berbagai pilihan bahasa, Penana adalah salah satu platform membaca yang bebas biaya. Bagi penulis pemula, Penana memiliki fitur rekomendasi pembenaran oleh pembaca, sehingga penulis dapat mengetahui dan membenahi kesalahannya.
  3. S Week
    Layaknya Penana, S Week adalah platform membaca yang bebas biaya. Kadang kala, akun resmi S week akan mengadakan kompetisi mencari karya terbaik. Selain itu, akun resmi S week juga memberikan tips menulis, Q&A bersama penulis-penulis terbaiknya dan banyak lagi. Perlu diingat, S week adalah platform berbasis internasional, sehingga Ultimates yang ingin mengikuti kompetisinya perlu menguasai Bahasa Inggris.
  4. Novelme
    Novelme yang sebelumnya hanya dapat diakses melalui situs internet, kali ini Novelme mengeluarkan versi aplikasi yang memudahkan pembacanya. Terbagi menjadi dua kategori, Novelme menyajikan karya-karya berbayar dan gratis. Pembaca dapat memberikan bintang untuk voting dan hadiah berupa koin ataupun uang. Novelme juga mengadakan kompetisi secara berkala lho, Ultimates. Tidak cuma-cuma, hadiahnya berupa uang tunai hingga ratusan juta rupiah.
  5. Cabaca
    Cabaca adalah platform membaca berbayar yang bekerja sama dengan beberapa penerbit digital seperti penerbitharu dan wwgpublisher. Berbeda dengan platform lainnya, seluruh penulis di Cabaca sudah melewati tahap kurasi dari editor Cabaca, sehingga kualitas karyanya tetap terjamin. Bagi Ultimates yang ingin mempublikasikan karyanya di Cabaca, Ultimates dapat mencoba mengumpulkan karya ataupun mengikuti berbagai kontes yang diadakan Cabaca. Lebih lanjut, Ultimates dapat klik di sini.


Penulis: Thefanny

Editor: Xena Olivia

Foto: joinskala.com

Sumber: rukita.co, gramedia.com, blog.cabaca.id