“Nebula”, Sajikan Dendam Musuh Lama yang Kembali

Cover novel “Nebula.” (Foto: tokopedia.com)
Cover novel “Nebula.” (Foto: tokopedia.com)
Share:

“Dia adalah dia. Kamu adalah kamu. Kita selalu bisa memutuskan apakah ingin mengenang seseorang dari sisi baik atau yang buruk.” – Tere Liye, Nebula

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – “Nebula” merupakan fiksi petualangan karya Tere Liye. Novel kesembilan dalam serial dunia paralel ini mengisahkan munculnya musuh lama Selena yang mengancam keseimbangan dunia.

“Nebula” merupakan lanjutan kisah hidup Selena dalam buku sebelumnya yang berjudul sama. Novel ini mengisahkan petualangan tiga sahabat Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, yaitu Selena, Mata, dan Task semasa remaja, juga menyinggung munculnya musuh baru Raib, Seli, dan Ali yang akan diceritakan di seri lanjutannya.

Dimulai dengan melanjutkan kisah Selena yang sedang berlibur di rumah Paman Raf, novel ini perlahan membuka rahasia Selena sebagai pengintai ulung, juga bagaimana masa lalu kelam Selena ikut andil menciptakan musuh baru bagi Raib, Seli, dan Ali.

Novel ini juga mengenalkan pembaca pada klan baru serial dunia paralel, yaitu klan Nebula. Munculnya klan baru ini tentunya akan menambah misteri serial dunia paralel yang seakan tak ada habisnya. Menariknya lagi, novel ini juga menyinggung misteri kelahiran Raib, yang ternyata berasal dari sosok masa lalu Selena.

Dari segi alur, “Nebula” menggunakan alur yang maju mundur, melihat konteks ceritanya yang mengangkat dua latar suasana, yaitu suasana kehidupan lampau Selena dan suasana Selena bersama Raib, Seli, dan Ali saat ini. Dengan gaya bahasa ringan khas Tere Liye, novel ini mampu membawa pembaca masuk dalam petualangan Selena sebagai pengintai, juga terbawa arus emosi yang dirasakan setiap tokohnya.

Selain itu, Tere Liye juga berhasil memperkuat karakter yang ada di dalam serial dunia paralel, khususnya Selena sebagai tokoh utama. Namun, jalan cerita dari novel ini terkesan terburu-buru, terlebih pada bagian pengungkapan identitas Raib juga perginya Tazk. Hal ini membuat alur cerita terasa cepat dan membuat pembaca kurang engage dengan konflik yang dimunculkan.

Bagi Ultimates yang merupakan penggemar serial Tere Liye, novel ini akan sangat cocok untuk dinikmati, begitupula bagi penggemar serial petualangan ringan tetapi mampu membawa emosi. Sebelum membaca novel ini, lebih baik Ultimates membaca novel sebelumnya, yaitu “Selena”, agar Ultimates lebih bisa mengerti alur cerita yang disajikan.

Penulis: Ida Ayu Putu Wiena Vedasari

Editor: Xena Olivia

Foto: tokopedia.com