Novel Karya Eka Kurniawan Diangkat ke Layar Lebar

Novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Eka Kurniawan akan diangkat ke layar lebar pada 2021 (foto: cnnindonesia.com)
Share:

SERPONG,ULTIMAGZ.com – Nama Eka Kurniawan sudah tidak asing lagi di dunia sastra Indonesia, terbtukti  beberapa karyanya sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Salah satu novel terbitan Eka “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” akan diangkat ke layar lebar. 

Film ini akan disutradarai oleh Edwin yang sebelumnya dikenal melalui film “Babi Buta yang Ingin Terbang” (2008), “Posesif” (2017), serta “Aruna dan Lidahnya” (2018). Pembahasan film ini sudah dilakukan sejak 2016 dan syuting direncanakan akan mulai akhir 2020.

Sebagai sutradara, Edwin sudah berkeliling dari Jawa Barat sampai Jawa Tengah untuk mencari latar belakang kawasan Pantura yang cocok. Akhirnya tempat yang diambil untuk latar belakang berada di Rembang, Jawa Tengah.

“Kami kemungkinan memilih Rembang sebagai tempat syuting. Kami sebenarnya sama-sama tidak familiar (dengan Rembang). Tapi kami lihat Rembang memiliki tekstur yang ada pantainya, bukit, ada masa di sana gersang banget, tapi ada masa hijau banget. Itu menarik untuk dieksplor,” ujar Dede, salah satu produser  saat konferensi pers di Kemang pada Selasa (18/02/20).

Film yang akan bercerita tentang Ajo Kawir, seorang jagoan yang tidak takut mati. Ajo memiliki hasrat yang tak terpendam untuk berkelahi, ternyata didorong oleh rahasia dirinya yang impotensi. Ketika bertemu seorang petarung bernama Iteung, jagoan perempuan yang tangguh, Ajo dibuat babak belur sekaligus bahagia. Hal itu disebabkan karena Ajo jatuh cinta pada Iteung. Film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” berlatar suasana Indonesia pada 80-an hingga awal 90-an, mengupas maskulinitas, dan relasi kekuasaan. Seluruhnya akan dikemas dalam genre drama, romansa, dan laga.

Sebelumnya skenario film ini mendapatkan penghargaan grand prize Most Promising Project di Asian Project Market Busan International Film Festival 2016. Pada 2018, proyek film ini juga memenangkan Post-Production Award Hong Kong Asian Film Market. Di tahun lalu, proyek ini juga mendapat dana hibah dari SEA Co-production Grant sebagai apresiasi kerja sama Indonesia dan Singapura.

Film ini akan dibintangi oleh Ladya Cheryl yang dikenal dalam film Ada Apa Dengan Cinta. Ia akan berperan sebagai Iteung, salah satu tokoh utama. Film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” nantinya akan tayang di layar lebar pada tahun 2021.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy 

Editor: Agatha Lintang

Foto: cnnindonesia.com

Sumber: cnnindonesia.com , republika.co.id , whiteboardjournal.com