Melihat Hubungan Manusia Dengan Kucing di “Neko Atsume House”

Neko Atsume House
Poster film "Neko Atsume House" (Foto: twitter.com/nekoatsumemovie)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com—Kucing, hewan lucu yang kerap dijadikan hewan peliharaan. Wajahnya yang menggemaskan dan bentuk kakinya yang lucu terkadang seperti menenangkan hati. Di “Neko Atsume House”, tokoh utama merasakan hal itu, bahkan mendapatkan inspirasi dari berada di tengah-tengah kucing.

Film yang rilis pada 2017 ini mengisahkan tentang Katsu Sakumoto (Atsushi Ito), seorang penulis novel yang sedang berada di titik terendah dalam karirnya akibat kurangnya inspirasi. Kualitas tulisannya menurun dibandingkan karya debutnya. Berbagai saran dari editornya Asakusa (Taguchi Tomoro) dan Michiru Towada (Shiori Kutsuna) tidak berhasil menolongnya.

Dalam saat-saat sulit, ia akhirnya memutuskan untuk menyewa rumah di pedesaan agar bisa lebih banyak berpikir. Ternyata, rumah itu kerap dikunjungi kucing-kucing liar. Tidak membutuhkan waktu yang lama sampai akhirnya Sakumoto jatuh cinta kepada mereka, mencari-cari cara baru agar para kucing terus datang.

Film ini dibuat berdasarkan aplikasi permainan dengan judul yang serupa, yaitu “Neko Atsume” atau “Cat Collector”. Meskipun film bisa ditonton tanpai memainkan gamenya terlebih dahulu, para penulis berhasil menunjukkan referensi-referensi kecil di bagian tertentu.

Dalam permainan tersebut, para pemain harus ‘mengoleksi’ kucing dengan cara memberinya makan atau menaruh mainan tertentu. Hal ini berhasil diterjemahkan melalui perbuatan tokoh utama yang harus bolak balik ke toko khusus perawatan kucing. Selain itu, beberapa mainan kucing seperti tempat tidur piramida dibawa ke dunia nyata sebagai salah satu properti film berdurasi 92 menit ini.

Untuk film yang memang fokus utamanya adalah dampak kucing terhadap manusia, ada beberapa pengambilan gambar yang membuat para kucing terasa kurang dekat dengan tokoh-tokoh manusia. Ketika kucing-kucing pertama kali muncul di rumah Sakumoto, hanya terlihat wajah kucing dalam jarak yang sangat dekat. Padahal, para tokoh manusia bereaksi karena kehadiran mereka. Hal ini terasa seperti ada semacam dinding tak terlihat antara kucing dan manusia.

Secara keseluruhan, film “Neko Atsume House” adalah film yang santai dan tidak perlu banyak berpikir untuk dinikmati. Selain itu, merupakan film yang cocok ditonton oleh para pecinta kucing. Mereka yang tidak menganggap diri mereka sebagai pecinta kucing pun, bisa merubah pandangannya setelah menonton film ini.

Penulis: Nadia Indrawinata

Editor: Xena Olivia

Foto: twitter.com/nekoatsumemovie