Mengenal Tren Pakaian Athleisure

Athleisure Kpop
Gaya berpakaian 'athleisure' yang dikenakan para idola K-Pop di ajang "Idol Star Athletic Championship" pada 2020. (Foto: soompi.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Di masa pandemi seperti ini, kenyamanan menjadi hal yang utama dalam berpakaian selama bekerja dari rumah. Salah satu gaya busana dalam dunia mode yang sedang naik daun adalah athleisure.

Athleisure merupakan gabungan dari pakaian athletic (atletik) dan leisure (santai). Gaya ini mengubah pakaian yang digunakan untuk olahraga menjadi setelan kasual. Mengaburkan ‘garis pemisah’ antara fesyen dan fungsi pakaian. Istilah ini populer bagi jenis busana yang santai, tetapi cocok untuk pribadi yang aktif.

Dilansir dari heuritech.com, gaya berpakaian ini mulai dikenal pada 2016 ketika Beyoncé dan Rihanna memperkenalkannya ke dunia industri mode melalui Instagram.

Beberapa jenis pakaian yang masuk kategori athleisure antara lain celana longgar seperti jogger pants dan celana training, jaket bertudung (hoodie), hingga pakaian longgar (0versized) yang dinilai dapat menggantikan baju bergaya atletik sebagai pakaian santai andalan ketika melakukan ativitas. Hal ini berkaitan dengan daya tarik utama dari gaya busana athleisure yaitu kenyamanan. 

Menggabungkan fungsionalitas dan desain minimalis yang rapi, pakaian olahraga telah memainkan peran utama dalam kebangkitannya di kancah mode. Meski terlihat santai, gaya busana ini juga dinilai cukup profesional untuk digunakan ketika bekerja dari rumah dan nyaman untuk digunakan. ‎Tapi itu tidak berarti pakaian bergaya sporty ini selalu terlihat sama. 

Gaya berpakaian ini juga berkaitan dengan street fashion. Street fashion merupakan gaya berpakaian yang tumbuh dari jalanan dan bukan dari fashion show atau desainer ternama.

Saat ini, berbagai jenama ternama juga sudah mulai memproduksi pakaian mereka menjadi lebih atletik. Di sisi lain, berbagai jenama busana olahraga seperti Nike, Adidas, dan Puma mulai menyesuaikan desain mereka untuk konsumen yang menggabungkan kenyamanan pakaian atletik dengan desain estetika. 

Bagaimana cara mengaplikasikan busana athleisure yang menarik?

Tidak banyak yang diperlukan untuk bergaya dengan tampilan ini. Biasanya, barang-barang pakaian yang harus ada ketika bergaya dengan pakaian athleisure adalah bagian bawah yang sporty (celana panjang, legging, bahkan celana pendek basket) dan sepatu kets.‎

Kunci dari tampilan athleisure adalah menggabungkan fungsi dengan gaya berpakaian, seperti bagaimana cara memadukan pakaian biasa dengan pakaian atletik. Dengan memadukan pakaian seperti jaket kulit, celana jeans, atau sepatu hak dengan pakaian khusus olahraga seperti sepatu kets, celana olahraga dan aksesorinya, Ultimates bisa dengan mudah menciptakan tampilan yang menarik.

Adapun beberapa tips yang dapat digunakan dalam mengaplikasikan busana athleisure.

Pilih warna netral

Untuk beraktivitas sehari-hari, pilih palet warna netral dan monokromatik untuk menjaga keseluruhan tampilan tetap seimbang. Hal ini berguna untuk tetap menciptakan rasa nyaman sebagai kunci utama dari gaya berpakaian tersebut sekaligus meningkatkan estetika.

Pilih bahan yang lentur
Hindari bahan spandeks yang terlalu ketat. Ultimates dapat mencoba cara lain dengan memadukan kain longgar klasik dengan kulit imitasi atau bahan mesh untuk meningkatkan gaya saat beraktivitas.

Gunakan pakaian yang bersih
Kondisi pakaian sangat penting bahkan jika Ultimates sedang bergaya sporty. Jika pakaian yang digunakan tidak bersih akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pemakainya.

Tidak perlu memakai pakaian olahraga lengkap
Seperti tren lainnya, Ultimates juga dapat memakai pakaian athleisure sesuai yang diinginkan. Jika tak nyaman memakai legging, gunakan unsur bergaya atletik lain yang lebih halus sebagai gantinya. Misalnya, memadukan jaket varsity dengan celana jeans, atau sneakers dengan dress atau rok.

Gunakan sentuhan sporty pada gaya harian
Berpenampilan athleisure bukan berarti mengubah gaya busanamu sehari-hari. Ultimates dapat dengan bebas mengatur gaya berpakaian harian untuk beraktivitas agar terlihat lebih energetik tanpa meninggalkan ciri khas diri sendiri.

Semoga semakin percaya diri dengan bergaya athleisure ya, Ultimates!

 

Penulis: Carolyn Nathasa Dharmadhi
Editor: Nadia Indrawinata
Foto: soompi.com
Sumber: cantik.tempo.co, medcom.id, kpopchart.net, heuritech.com