Barasuara Rilis “Pikiran dan Perjalanan”

Artwork dari Baskara Putra dan Mikael Aldo dalam lagu "Pikiran dan Perjalanan" di Youtube Barasuara yang dirilis Jumat (8/3/2019).
Share:

SERPONG,Ultimagz.com – Barasuara resmi merilis album baru mereka bertajuk Pikiran dan Perjalanan, Jumat (08/03/18). Merupakan judul salah satu lagu di dalam album tersebut, sembilan lagu dalam Pikiran dan Perjalanan sudah dirancang sejak 2015 dan akhirnya terealisasi sekarang. Melansir kompas.com, vokalis Barasuara Iga Massardi menjelaskan bahwa titel ini seolah mengisahkan seseorang yang hendak mengambil keputusan.

“Sebetulnya lebih kayak di persimpangan, kita selalu ada di persimpangan, memilih mana yang pantas, mana yang baik. Namun itu tidak pernah menjadi sesuatu yang mudah,” ujar Iga. Selain itu, judul ini juga mewakili karier perjalanan keenam personil Barasuara sebagai sebuah band.

Selayaknya sebuah perjalanan, terjadi beberapa perubahan selama proses pembentukan album. Dikutip dari hot.detik.com, Iga memaparkan bahwa mereka mengalami banyak perubahan ke atas dan ke bawah dalam proses ini. Pun, akhirnya pengalaman tersebut dirangkum dalam bentuk konteks kreatif dan direalisasikan dalam album ini.

“Pikiran dan Perjalanan adalah kalut dan harapan yang dibungkus dalam bentuk musikal,” tambah Iga dilansir dari hot.detik.com.

Dikutip dari entertainment.kompas.com, pemain bass Barasuara Gerald Situmorang memaparkan bahwa terdapat beberapa perubahan dan kendala yang mereka alami dalam pembuatan album ini, terutama dalam masalah waktu.

“Pada saat latihan di studio ada perubahan lagi. Apalagi Iga paling tidak bisa diam di satu ide saja,” tuturnya.

Selain itu, masing-masing personil membawa materi mereka pada saat bermain bersama, sehingga perlu banyak perubahan. Banyaknya perubahan ini mengakibatkan perpanjangan waktu dalam menyiapkan album ini.

Seluruh lagu di dalam album ini sudah dapat didengarkan di semua platform musik digital. Barasuara juga menghadirkan lagu-lagunya di YouTube dengan menampilkan artwork dari Baskara Putra dan Mikael Aldo.

Album ini disambut hangat oleh para ‘Penunggang Badai’, begitu sebutan mereka kepada fans dari Barasuara. Selain lagu Pikiran dan Perjalanan, ada delapan lagu lain yang turut dipersembahkan oleh Gerald Situmorang dkk, antara lain Seribu Racun, Guna Manusia, Pancarona, Tentukan Arah, Masa Mesias-Mesias, Haluan, Samara, dan Tirai Cahaya.

 

Penulis: Billy Dewanda

Editor: Ivan Jonathan

Sumber: hot.detik.com, akurat.co, entertainment.kompas.com

Foto: YouTube