Hadiah 18 Tahun Berkarya, Maliq & D’Essentials Garap “Raya” sebagai Mini Album Baru

Maliq & D'essentials - Raya (Ultimagz)
Merayakan ulang tahun ke-18 Maliq & D’Essentials merilis mini album bertajuk “Raya”. (Foto: M.A.D)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com ― Maliq & D’Essentials (M.A.D) merayakan 18 tahun berkarya dengan meluncurkan mini album bertajuk “Raya”. Album ini sekaligus menjadi album kedelapan mereka sampai saat ini. 

Track “Raya” akan dirilis dalam 3 part, rilis pertama lebih memperkenalkan “Raya” dihadiri oleh track berjudul Bertemu dan Memori. Untuk rencana kedepannya, M.A.D akan melepas single terbarunya di tanggal 18 setiap dua bulan. Hal ini berarti part kedua rilis di Oktober dan part terakhir pada Desember mendatang.

Tajuk dari album “Raya” diambil dari kata ‘Merayakan’ yang memiliki makna berdampak besar dan megah. M.A.D memilih merayakan dan memberikan kejutan bagi para pendengarnya untuk kembali bernostalgia pada album awal mereka. “Raya” juga sebagai tanda untuk merayakan kembali suara vokalis, Indah Wisnuwardhana, seperti di awal saat band ini lahir. 

“Maliq & D’Essentials menemukan hal yang patut dirayakan, dari rasa syukur dengan apa yang masih bisa kita lakukan disaat menemukan kekurangan, membuatnya menjadi lebih baik karena menemukan kelebihan di tempat lainnya. Hal ini menjadi sebuah alasan untuk tetap melakukan perayaan sehingga album ini pantas disebut Raya,” ujar Indah dalam rilisan siaran pers yang diterima Jumat lalu, (21/08/2020).

Widi Puradiredja pun turut hadir di salah satu lagu “Raya”. Kejutan ini diberikan oleh drummer M.A.D yang akhirnya kembali bernyanyi lagi sejak 15 tahun lalu, setelah lagu Untitled debut dalam album pertama. 

Banyak halangan dihadapi oleh band beranggotakan enam orang ini, salah satunya pandemi yang mengakibatkan M.A.D menunda segala rencana. Misalnya, rencana menggelar konser tunggal yang akhirnya tertunda. Meski demikian, pandemi tidak menghentikan personel untuk terus berkarya. Tujuan terciptanya karya baru ini, membuat mereka untuk mengambil buah dan hikmah yang dapat dipetik selama masa pandemi ini. 

“Melalui mini album ini, kami ingin membuktikan bahwa di saat masa yang sulit seperti sekarang, selalu ada hal positif yang bisa dilakukan yaitu dengan tetap produktif,” ungkap Widi.

Rilisnya Bertemu di Youtube pada (18/08/2020) lalu, menampilkan gaya musik luas dengan organic pop khas M.A.D. Penyampaian lirik pun menarik perhatian untuk mengisi moody bahagia serta sedikit bergaya vintage

Dalam proses pembuatan video, grup musik ini menggaet sutradara Anton Ismael yang belum lama menggarap video klip “Diskoria – Serenata Jiwa Lara”. Konsep baru dari Bertemu menjadi awal kehadiran warna baru bagi rekan M.A.D.  

Berbeda dari yang lain, M.A.D tidak merilis single barunya ke dalam platform digital yang dikenal oleh masyarakat. Namun, lagu ini akan dirilis eksklusif melalui YouTube serta aplikasi Inspigo.

Penulis: Felisitasya Manukbua

Editor: Agatha Lintang Kinasih

Foto: Maliq & D’Essentials