Kolaborasi SUGA dengan Lima Musisi Wanita

SUGA yang tidak hanya aktif dalam BTS, juga aktif bekerjasama dengan berbagai musisi wanita. (Ultimagz)
SUGA yang tidak hanya aktif dalam BTS, juga aktif bekerjasama dengan berbagai musisi wanita (Foto: Twitter.com/bts_official)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Rapper BTS, SUGA dikenal dengan kemampuan rap dan kepiawaiannya dalam menciptakan musik untuk BTS. Anggota tertua kedua BTS yang berasal dari Daegu, Korea Selatan ini tidak hanya aktif bermusik di grupnya, ia juga aktif berkolaborasi dengan beberapa musisi wanita dari Korea Selatan maupun internasional.

Kemampuan pria bernama asli Min Yoon-gi dalam menciptakan musik sudah tidak perlu diragukan. Untuk grupnya, SUGA terlibat dalam hampir semua proses pembuatan lagu BTS. Ia aktif menulis lirik bahkan memproduksinya bersama dengan kedua anggota BTS lainnya, RM dan J-Hope.

  1. IU

Baru-baru ini SUGA berkolaborasi dengan IU dalam lagu bertajuk eight yang dirilis pada Rabu (06/05/20). Lagu ini menceritakan tentang IU di usianya yang ke 28 tahun. Eight berhasil merajai berbagai tangga lagu Korea Selatan hingga iTunes di berbagai negara.  Dikutip dari kanal YouTube penyanyi yang memiliki nama asli Lee Ji-eun IU TV mengatakan proses bekerja bersama SUGA itu nyaman dan santai, bahkan paling santai diantara lagu-lagu yang sedang digarapnya.

  1. Halsey

Setelah terlibat bersama BTS dalam Boy With Luv, Halsey menggandeng salah satu anggota BTS untuk album barunya. Penyanyi Without Me ini memilih SUGA karena menurutnya lirik-lirik yang ditulis oleh Suga adalah yang paling terhubung dengan Halsey. SUGA’s Interlude muncul dalam album terbaru Halsey, “Manic” yang rilis pada Januari 2020 lalu.

  1. Suran

Suran pertama kali bekerjasama dengan rapper BTS ini pada tahun 2016. Mereka duet dalam lagu So Far Away untuk mixtape SUGA bertajuk “AGUST D”. Setahun kemudian keduanya kembali berkerjasama dalan Wine. Kali ini rapper kelahiran 1993 hanya ambil bagian dalam produksi musik saja. Wine sendiri meraih penghargaan lagu soul/R&B terbaik dalam Melon Music Awards 2017.

  1. Heize

Kembali sebagai produser, Min PD menggarap We Don’t Talk Together bersama Heize pada Juli 2019 lalu. Dilansir dari cnnindonesia.com, Heize mengaku bekerja bersama salah satu anggota BTS ini sangatlah menyenangkan. We Don’t Talk Together berhasil meraih posisi pertama dalam acara musik mingguan SBS Inkigayo.

  1. Lee So-ra

Kali ini kolaborasi SUGA tidak sendirian. Bersama Tablo dari grup Epik High, ia menulis lirik Song Request sekaligus menjadi teman duet Lee So-ra. Dilansir dari soompi.com, tidak sampai 24 jam dirilis, lagu ini telah berada di posisi nomor satu dari lima tangga musik real time Korea. Pasalnya, kolaborasi ini sangat dinantikan oleh para penggemar ketiganya.

Infografik kolaborasi SUGA dengan musisi wanita Korea Selatan hingga internasional (Foto: ULTIMAGZ/Jessica Elisabeth)
Infografik kolaborasi SUGA dengan musisi wanita Korea Selatan hingga internasional (Foto: ULTIMAGZ/Jessica Elisabeth)

 

Penulis: Jessica Elisabeth Gunawan

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: Twitter.com/bts_official, Jessica Elisabeth

Sumber: billboard.com, soompi.com, teenvogue.com, koreaboo.com, cnnindonesia.com, youtube.com