Kolaborasi Musik Metal dan Jaz ala Sengat

(Kiri-kanan) Reynold Silalahi, Irene Lase, Yusuf Yadi Surya, dan Tesla Manaf menyajikan penampilan jaz dengan memaknai arti "kebebasan" dalam jaz. Kolaborasi metal, noise box, dan karakter vokal opera dikomposisikan dan dimainkan dalam Salihara Jazz Buzz 2019 pada Minggu (10/02/19). (ULTIMAGZ/Robin Colinkang)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Band Sengat yang didirikan oleh Reynold Silalahi menampilkan warna baru dalam musik jaz pada konser Jazz Buzz 2019. Bersama dengan Tesla Manaf, Yusuf Yadi Surya, dan Irene Lase, ia memberikan warna baru pada musikalitas jaz yang dikolaborasikan dengan musik metal.

Menurut Reynold, asimilasi kedua genre tampak pada permainan efek dari kotak suara serta vokal yang bertolak belakang dari genre jaz pada umumnya. Ia juga mengatakan bahwa jaz tak berbicara tentang musik yang lembut atau keras, tetapi semua itu hadir dalam perspektif yang berbeda-beda.

“Jaz itu sih enggak bisa ngomong kalem atau keras, ya, karena emosional orang bisa ditemukan dari setiap musik. Jazzer (istilah untuk penikmat musik jaz) ketika dia sedih, dia menawarkan dengan musiknya. Tapi mungkin orang-orang yang klasikal, orang-orang yang doyan romantic era, ketika mendengarkan jaz lalu bertanya, ‘Sedihnya di mana?’ Nah, ini jadi perspektifnya berbeda-beda,” ujar Reynold saat diwawancarai usai gladi resik di Komunitas Salihara, Minggu (10/02/19).

Band Sengat membawa tajuk Cawan dalam konsernya di Jazz Buzz 2019. Reynold berharap, Cawan bisa menjadi wadah untuk menyingkap hakikat hidup manusia dengan beberapa di antaranya bersumber dari Kitab Suci, sekaligus menjadi tujuan untuk didapatkan oleh orang-orang.

“Cawan itu sesuatu yang harus kita hadapi. Nah, cawan itu sebenarnya berbicara tentang piala. Jadi, manusia punya tujuan untuk dirinya sendiri yang belum tentu sepaham dengan tujuan yang diciptakannya. Cawan yang ada di sini adalah cawan yang dikejar oleh manusia atau cawan yang disediakan oleh penciptanya untuk manusia,” ungkap Reynold.

Dalam konser ini, Reynold bermain piano, kibor, dan vokal. Ada pula Tesla Manaf yang memegang kendali dalam noise box dan efect. Selain itu, ada Yusuf Yadi Surya yang bermain gitar elektrik dan Irene Lase yang memegang peran sebagai vokal. 

7 lagu yang dibawakan band Sengat:

  1. In The Beginning
  2. The Initiator
  3. Little Lower Than The Angels
  4. Dawn Of The New Beginning
  5. 39 Lashes PT. 1 : In Vain
  6. 39 Lashes PT. 2 : Recapitulation From The Elders
  7. 39 Lashes PT. 3 : Hang On! We Almost Get There

 

Penulis: Fabio TF Nainggolan

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: Robin Colinkang