Respons Isu Polusi Udara, Oscar Lolang Rilis Single “I Breathe Fire”

Merespons isu polusi udara, Oscar Lolang menjawabnya melalui single terbaru berjudul "I Breathe Fire". (Foto: Gigsplay)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Kabar baik datang dari musisi lokal asal Bandung, Oscar Lolang, yang telah berhasil merilis single terbarunya berjudul I Breathe FireSingle tersebut merupakan lagu terbaru Oscar yang khusus diberikan pada album kompilasi Greenpeace Indonesia. Kali ini, Oscar menyematkan isu lingkungan sebagai pesan dalam lagu yang ingin ia sampaikan.

Pesan mendalam yang ingin disampaikan Oscar Lolang dibawakan melalui musik akustik yang tenang, dilengkapi dengan alunan biola yang semakin membawa pendengarnya fokus pada inti cerita lagu ini. Dilansir dari Pop Hari Ini, Oscar juga menyebutkan bahwa lagu ini dibuat untuk merespons isu polusi udara yang diakibatkan oleh aktivitas Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Isu ini semakin berkembang sesaat setelah kemunculan film dokumenter Sexy Killers yang mendapatkan perhatian tinggi dari masyarakat beberapa bulan silam. Dokumenter ini menceritakan tentang apa yang disebabkan oleh proses kerja penambangan batu bara. Dalam lagu ini, penyanyi berambut panjang ini menginterpretasikannya sebagai teriakan masyarakat demi kehidupan mereka yang lebih baik.

I Breathe Fire tergabung dalam album kompilasi “Senandung Energi Bumi” yang dirilis bertepatan dengan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Greenpeace Indonesia, yaitu Summer Festival 2.0 pada 23-25 Agustus 2019. Tidak hanya karya Oscar Lolang, album ini turut diwarnai oleh ragam musik dari Iksan Skuter, Sisir Tanah, Vira Talisa, Navicula, hingga Tuantigabelas. Serupa dengan lagu I Breathe Fire, acara ini juga diselenggarakan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat akan isu bumi dan lingkungan.

I Breathe Fire merupakan lagu Oscar Lolang yang hadir setelah dirinya berhasil merilis senandung Biar. Lagu tersebut merupakan karya rekam ulang dari lagu yang dulu Oscar bawakan bersama The High Temples.

Penulis: Billy Dewanda

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Gigsplay