Seniman Djaduk Ferianto Tutup Usia

Seniman Djaduk Ferianto meninggal dunia (Foto: beritasatu.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Seniman asal Jogja Djaduk Ferianto dikabarkan meninggal dunia, Rabu (13/11/19). Djaduk menghembuskan nafas terakhir pukul 02.30 WIB saat masih berusia 55 tahun.

Kakak dari Djaduk, Butet Kertaradjasa menyiarkan kabar meninggalnya Djaduk melalui akun Instagramnya, @masbutet. Melalui akun tersebut, Butet mengunggah gambar hitam bertuliskan “Sumangga Gusti” dengan keterangan “RIP Djaduk Ferianto”.

Belum ada keterangan lebih jelas mengenai penyebab atas meninggalnya seniman yang merupakan putra dari seniman kondang Bagong Kussudiharjo ini. Kendati demikian, Djaduk memang memiliki riwayat sakit jantung sejak beberapa tahun yang lalu. Pemasangan ring juga harus sudah dilakukan namun dirinya belum sempat melakukan perawatan tersebut.

Semasa hidupnya, Djaduk dikenal sebagai seniman yang menggeluti dunia musik sejak 1997 silam. Ia sering mengeksplorasi bunyi-bunyian bersama kelompok musiknya Kua Etnika dan Orkes Sinten Remen. Dalam Kua Etnika, ia bersama timnya mengusung musik-musik etnik dari sabang sampai merauke, sedangkan bersama Orkes Sinten Remen, ia menggarap musik keroncong menjadi lebih progresif, mulai dari ketukan, irama, hingga lirik.

Djaduk juga cukup aktif menjadi sutradara dalam beberapa pementasan teater, seperti Para Pensiunan 2049 yang ditampilkan pada April 2019 lalu. Selain itu, ia juga sempat menjadi aktor. Salah satunya dalam film musikal bertajuk Petualangan Sherina, di mana ia memerankan tokoh Kertarajasa bersama dengan Butet.

Sebelum wafat, Djaduk dikabarkan tengah mempersiapkan beberapa pagelaran dalam waktu terdekat. Acara Ngayogjazz yang digagas olehnya akan digelar pada 16 November 2019. Sementara itu, Ia juga akan berperan di Teater Gandrik yang akan diselenggarakan pada 6-7 Desember 2019 mendatang di Surabaya.

Pria bernama lengkap RM Gregorius Djaduk Ferianto ini akan dimakamkan di makam keluarga Sembungan Bantul pada pukul 15.00 WIB. Upacara pemberkatan jenazah juga akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB di Padepokan Seni Bagong Kussudiharjo.

 

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Audrie Safira Maulana

Sumber: kumparan.com, tempo.com, ngopibareng.id, cnnindonesia.com

Foto: beritasatu.com