Ditunda hingga Dibatalkan, Disney Rilis Tanggal Tayang Terbaru Filmnya

Ilustrasi Menonton Bioskop (sumber: tirto.id)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Walt Disney Studio merilis jadwal tayang terbaru film-film yang harus ditunda karena pandemi Covid-19. Penutupan bioskop demi mengurangi penyebaran Covid-19 menjadi salah satu alasan rumah produksi ini menunda beberapa film terbarunya. Dilansir dari variety.com, berikut jadwal tayang terbaru film garapan studio Disney.

Film animasi Soul tidak bergeser dari jadwal semula. Soul tetap tayang perdana pada 19 Juni 2020. Sementara itu, live-action Mulan yang dijadwalkan rilis pada Maret 2020 lalu terpaksa mundur. Dalam jadwal baru, Mulan menggantikan Jungle Cruise pada 24 Juli 2020.

Bergesernya jadwal tayang Mulan berdampak panjang untuk film-film lain. Jungle Cruise yang dibintangi Dwayne Johnson dan Emily Blunt ditunda hingga 20 Juli 2021. Selain itu, Indiana Jones 5 yang seharusnya tayang pada musim panas 2021 harus mundur satu tahun. Film laga legendaris Harrison Ford ini dicanangkan rilis pada 29 Juli 2022.

Berbeda dengan Mulan dan Soul, Artemis Fowl batal tayang di bioskop. Artemis Fowl seharusnya tayang perdana pada 29 Mei 2020. Sebagai gantinya, Artemis Fowl akan hadir di kanal Disney Plus. Film fantasi ini dikabarkan menjadi film pertama yang rilis di Disney Plus.

Beralih ke Marvel Cinematic Universe (MCU), Black Widow yang seharusnya rilis pada 1 Mei 2020 terpaksa mundur enam bulan. Black Widow menggantikan tanggal rilis The Eternals, yaitu 6 November 2020. Dibintangi Angelina Jolie, The Eternals akan tayang di layar lebar pada 12 Februari 2021. Tidak hanya dua film MCU di atas yang tanggal rilisnya berseger, keputusan Disney juga berdampak pada film-film Marvel fase ke-4 lainnya.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings dikabarkan tayang pada 7 Mei 2021. Diikuti dengan Doctor Strange in the Multiverse of Madness pada 5 November 2021. Kisah Thor dalam Thor: Love and Thunder siap tayang di layar lebar pada 18 Februari 2021. Sementara itu, Black Panther 2 dan Captain Marvel 2 tetap rilis pada jadwal semula, yaitu 6 Mei 2022 dan 8 Juli 2022.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, bioskop-bioskop tidak beroperasi sementara. Tidak hanya penutupan bioskop, penundaan proses produksi juga merupakan faktor bergesernya tanggal rilis. Kru dan staf produksi tidak bisa bekerja di lapangan karena imbauan social distancing. Produksi Doctor Strange dan Shang-Chi pun terpaksa ditunda tanpa kepastian kapan bisa berjalan seperti semula. Ultimates harus sabar menunggu, ya!

 

Penulis: Jessica Elisabeth

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: tirto.id

Sumber: variety.com, cnnindonesia.com