Instagram Coba Fitur Direct Message di Desktop

Foto: Merdeka.com
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Instagram terus kembangkan fitur-fitur dalam aplikasinya. Baru-baru ini, mereka dikabarkan sedang melakukan uji coba fitur direct message (DM) untuk versi desktop. Sebelumnya, fitur ini hanya bisa digunakan dalam versi aplikasi.

Kabar tersebut dikemukakan oleh periset aplikasi Jane Manchun Wong. Dalam akun twitternya, ia menampilkan screenshot ikon pesawat kertas yang menjadi logo fitur DM yang berada di kanan atas antarmuka dari laman instagram.com.

“Fitur DM instagram di web juga akan tersedia pada desktop,” tulis Jane dalam keterangan foto di akun Twitternya.

Dalam cuitannya, Jane tidak menyebutkan secara pasti kapan Instagram merilis fitur tersebut. Namun, jika fitur ini benar-benar akan dirilis, hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk penggunanya. Hal ini juga terjadi ketika WhatsApp yang sama-sama berada di bawah naungan Facebook merilis fitur versi desktopnya.

Instagram mengakui bahwa pihaknya memang sedang melakukan uji coba terhadap fitur direct message ini. Hanya saja, uji coba yang dilakukan masih dalam tahap internal. Hal ini dilakukan agar internal Instagram mampu mengidentifikasi terlebih dahulu perubahan-perubahan yang perlu dilakukan sebelum dicoba oleh publik.

Pengembangan fitur DM ini kabarnya sudah menjadi rencana Facebook untuk menggabungkan fitur pesan langsung Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Rencananya, mereka akan membuat satu platform khusus untuk mengakomodir fitur pesan dari tiga aplikasi tersebut.

Instagram memang dikenal sebagai aplikasi yang paling sering melakukan pengembangan fitur. Untuk versi desktop, ada beberapa fitur yang tidak tersedia seperti yang ada di dalam versi aplikasi. Selain DM, fitur yang tidak tersedia di versi web adalah fitur unggah foto dan stories.

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Sumber: Kompas.com, Liputan6.com, Akurat.co

Foto: Merdeka.com