Kenali dan Atasi Dismenore dengan Pad Terapi

iFree merupakan salah satu produk pad terapi yang dapat digunakan untuk mengatasi dismenore. (Foto: detik.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.comDismenore atau keram dan nyeri perut saat menstruasi merupakan hal yang sering dialami oleh perempuan. Tak jarang, dismenore berdampak pada produktivitas seseorang. Oleh karena itu, muncul berbagai produk untuk mengatasi nyeri akibat keram perut saat menstruasi, salah satunya adalah pad terapi.

Dilansir dari tirto.id, dalam penelitian yang dilakukan oleh Burnet Institute dengan judul Menstrual Hygiene Management in Indonesia, sebanyak 93,2 persen responden melaporkan pernah mengalami nyeri saat menstruasi. Sementara itu, Fisioterapis Fortunella Levyana mengungkapkan bahwa dismenore terbagi menjadi dua jenis, yakni primer dan sekunder.

Dismenore primer disebabkan oleh otot rahim yang berkontraksi dengan kuat dan mengakibatkan rasa sakit di perut bagian bawah hingga menjalar ke punggung bagian bawah dan paha. Kebanyakan dialami oleh usia produktif 15-25 tahun atau fase pranikah,” ujar Fortunella seperti dikutip dalam Gatra.com. “Sementara itu, dismenore sekunder adalah nyeri yang disebabkan karena masalah pada organ reproduksi. Rasa sakit pada sekunder lebih parah dan berlangsung lebih lama sehingga membutuhkan pertolongan medis lebih lanjut, misalnya USG.”

Berbeda dengan dismenore sekunder yang membutuhkan pertolongan medis lanjutan, dismenore primer bisa diatasi dengan pad terapi menstruasi. Sebenarnya, produk pad terapi sudah lama dikenal untuk mengatasi nyeri saat menstruasi. Namun, produk tersebut dianggap tidak efektif karena harus dipanaskan menggunakan listrik atau air panas.

iFree merupakan salah satu produk pad terapi menstruasi dengan teknologi terbaru. Menggunakan teknologi OxyHeat, produk ini akan memberikan efek hangat setelah terpapar udara saat lapisan perekat dilepas. Sesuai dengan klaim yang diberikan, produk ini bisa menghasilkan efek hangat hingga 8 jam.

Menariknya, pengguna dapat mengatur tingkatan hangat yang diinginkan dari pad terapi. Misalnya, untuk suhu agak hangat iFree dapat ditempelkan di bagian dalam baju. Apabila pengguna ingin merasakan suhu hangat, produk ini bisa ditempelkan di bagian luar celana dalam. Selain itu, iFree juga bisa ditempelkan di bagian dalam celana dalam untuk mendapatkan suhu yang lebih hangat. Tingkatan suhu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan nyeri perut yang dirasakan oleh pengguna.

Rasa hangat yang ditimbulkan dari iFree sangat nyaman sehingga pengguna tidak merasakan keram perut yang muncul. Hadir dengan ukuran pad yang tidak terlalu tebal, produk ini memberikan kemudahan saat beraktivitas karena tidak menimbulkan efek mengganjal.

Perekat yang dimiliki pun cukup kuat sehingga pengguna tidak perlu khawatir produk akan bergeser. Oleh karena itu, produk ini bisa digunakan saat melakukan kegiatan di siang hari ataupun tidur di malam hari.

Ultimates perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp27.000,00 untuk memperoleh satu boks iFree yang terdiri dari dua pad terapi. Harga yang ditawarkan dirasa beberapa orang cukup mahal, mengingat bagi beberapa perempuan, dismenore bisa dirasakan selama menstruasi berlangsung. Selain itu, produk ini hanya bisa digunakan sekali dan tidak dapat dipanaskan ulang.

Namun, harga tersebut sebanding dengan efek yang diperoleh untuk perempuan yang memiliki banyak aktivitas dan memerlukan penghangat instan. Produk dari perusahaan Caplang ini dapat diperoleh di drugstore terdekat, seperti DanDan, Watsons, dan Guardian.

 

Penulis: Agatha Lintang

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: detik.com

Sumber: tirto.id, gatra.com