Kiddle, Mesin Pencari yang Aman untuk Anak

Tampilan halaman utama dari Kiddle.co.
Share:

AMERIKA SERIKAT, ULTIMAGZ.com — Para orangtua yang cemas dengan penggunaan internet anak mereka kini dapat sedikit bernafas lega. Pasalnya, kini ada Kiddle, sebuah mesin pencari seperti Google yang aman digunakan oleh anak-anak. Kiddle sendiri dapat diakses di Kiddle.co.

“Situs yang tampil di pencarian Kiddle memuaskan keluarga, karena kami memfiltrasi situs yang berbahaya dan menipu,” tulis Kiddle di situs mereka.

Situs ini menggunakan teknologi pencarian seperti Google, tetapi Kiddle menyaring konten mereka. Konten-konten berbahaya yang berbau pornografi dan kekerasan tak akan bisa diakses oleh anak-anak. Meski begitu, sistem penyaringan situs ini masih belum sempurna karena masih ada beberapa konten berbahaya yang dapat diakses.

Website yang menggunakan hasil pencarian Google ini mengatakan bahwa segala konten yang ditampilkan telah dipilih dan dipantau oleh penyunting mereka dan merupakan hasil dari pencarian menggunakan fitur safe search Google.

Menurut keterangan di laman web Kiddle, jika ada yang mencari dengan kata kunci yang tidak sesuai, maka guard robot mereka akan memblokir pencarian tersebut. Kata-kata seperti ‘ISIS’, ‘biseksual’, ‘transgender’, dan ‘gay’ telah diblokir dari situs ini karena dianggap mengandung pesan eksplisit dan dapat mencantumkan tautan yang tak pantas diakses oleh anak kecil.

Guard robot akan muncul ketika kata kunci pencarian dinilai memiliki konten eksplisit.
Guard robot akan muncul ketika kata kunci pencarian dinilai memiliki konten eksplisit.

Selain kata-kata di atas, pencarian selebriti seperti Pamela Anderson juga diblokir dari situs ini. Sedangkan jika ingin mencari informasi mengenai selebriti kontroversial seperti Miley Cyrus, maka informasi yang ditampilkan Kiddle hanya berupa data umum dan biografi yang aman dibaca oleh anak.

Di luar perlindungan dan penyaringan dari bagian konten, Kiddle yang berlogo mirip Google ini menggunakan font Arial serta tampilan thumbnail yang mudah diterima oleh anak.

 

Penulis: Valerie Dante

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: independent.co.uk, techtimes.com, mirror.co.uk

Foto: kiddle.co