Pekan Depan, Miliarder Tiongkok Jack Ma Pensiun dari Alibaba

Sumber Foto: NDTV.com
Share:

HONG KONG, ULTIMAGZ.com – Miliarder Tiongkok Jack Ma akan pensiun dari perusahaan dagang elektronik Alibaba di hari Senin (10/09/18). Keputusan Ma ini dilatarbelakangi oleh keinginannya menekuni dunia filantropi serta pengembangan pendidikan. 

Ma menganggap kepergian dari Alibaba bukanlah akhir perjalan dirinya, tetapi merupakan “awal dari sebuah era”. Sebagai seorang pengajar, dirinya ingin lebih banyak mengabdi dan menghabiskan waktunya pada dunia pendidikan.

“Saya cinta pendidikan,” kata Ma dikutip dari Nytimes.com.

Kecintaan Ma pada pendidikan tak lepas dari pengalamannya mengajar bahasa Inggris. Ma juga lahir pada tanggal 10 September, yang di Tiongkok diperingati sebagai Hari Guru.

Dalam sebuah forum, Ma pernah berpendapat bahwa pendidikan memiliki dampak besar.

“Ketika aku memulai Alibaba, pendidikan sangat membantuku,” ujarnya.

Ma juga telah mempersiapkan program pensiunnya sebagai seorang filantropis. Dengan mendirikan Jack Ma Foundation, ia ingin memberikan sumbangsih terhadap pembinaan pendidikan masyarakat pedesaan Tiongkok.

“Semua itu sudah aku persiapkan selama 10 tahun,” kata dia. 

Dengan keputusan pensiunnya, Jack Ma menjadi entrepreneur pertama di antara generasi raksasa digital Tiongkok yang mengundurkan diri dari perusahaan. Adapun, perusahaan yang termasuk raksasa digital Tiongkok selain Alibaba adalah Tencent, Baidu dan JD.com.

Posisi terakhir yang dipangku Ma di Alibaba adalah Executive Chairman, setelah memberikan posisi CEO kepada David Zhang di tahun 2013. Jabatan yang dilepas Ma kemungkinan besar akan diberikan kepada Zhang yang termasuk dalam kandidat pengganti dirinya.

Alibaba yang didirikan sejak tahun 1999 bersama rekan dan murid Ma saat menjadi guru, kini memiliki nilai sebesar USD 420 miliar. Saat ini, Ma memegang saham Alibaba yang bernilai sekitar USD 40 miliar atau 6,4%  dari keseluruhan nilai perusahaan Alibaba.

Diawali dengan menjadi pionir pasar daring di Tiongkok, kini Alibaba menjadi perusahaan multinasional yang bergerak di berbagai bidang, seperti pembayaran digital hingga rumah produksi yang membuat seri film Mission Impossible dalam dua edisi terakhir. Alibaba juga merupakan pemilik dari media sosial terpopuler seantero Tingkok, Weibo.

 

Penulis: Naufal Abrori Suprapto

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber: Nytimes.com, Theverge.com, Detik.com

Foto: NDTV.com