Spotify Rombak Tampilan Antarmuka Aplikasi

spotify
Aplikasi berbasis audio streaming, Spotify yang baru saja merilis tampilan baru pada Kamis (29/04/2021). (Foto: teknologi.bisnis.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Perusahaan streaming audio asal Swedia, Spotify, baru-baru ini mengubah tampilan antarmuka (interface) aplikasinya.

Mulai Kamis (29/04/21), Spotify meluncurkan versi baru dari fitur “Your Library” untuk semua pengguna Spotify baik versi aplikasi desktop maupun telepon genggam. Sekarang, para pengguna memiliki cara yang lebih sederhana untuk menjelajahi koleksi konten audio.

Dikutip dari antaranews.com, desain baru ini mengedepankan fungsionalitas dan kemudahan navigasi bagi para penggunanya. Dalam tampilan terbaru ini, tab “Your Library” menawarkan navigasi yang jauh lebih cepat melalui filter dinamis, yaitu “Playlists”, “Artists”, “Album”, dan “Podcasts & Shows”. Pengguna berlangganan pun bisa melihat konten tanpa koneksi internet melalui filter “Downloaded”.

Tampilan baru ini juga menarik perhatian karena pengguna memiliki opsi untuk memasang pin pada daftar putar favorit agar selalu muncul paling atas, apa pun jenis konten audionya. Tampilan menarik juga disediakan dalam bentuk grid yang lebih visual dengan tampilan sampul album, daftar putar, dan sampul siniar (podcast) yang lebih besar.

Baca juga: Facebook Kenalkan Fitur Tandingan Clubhouse

Spotify juga memperkenalkan sejumlah fitur baru untuk memudahkan pengguna menemukan konten audio dan melakukan personalisasi konten. Fitur baru yang dimaksud ada pada Home Hub atau tampilan awal, salah satunya adalah “Travel back in time”, di mana pengguna bisa menemukan kembali konten audio lama di “Recently played”. Fitur lainnya adalah “Spotify mixes”, yakni playlist baru yang diatur secara lebih personal bagi para penggunanya.
 
Baru-baru ini, Spotify menjadi salah satu aplikasi musik dengan satu miliar pengunduh di Google Play Store. Peningkatan jumlah unduhan pada Spotify terjadi dengan cepat. Aplikasi asal Swedia ini juga berinvestasi banyak pada fitur siniarnya.
 
Belum lama ini, Spotify juga bekerja sama dengan aplikasi Anchor untuk menghadirkan layanan berbayar bagi konten siniar. Hal ini memberikan kesempatan bagi para kreator siniar atau podcaster menerima bayaran dari pengguna yang ingin mendengarkan episode siniar tertentu.

 

Penulis: Carolyn Nathasa Dharmadhi

Editor: Maria Helen Oktavia

Foto: teknologi.bisnis.com

Sumber: newsroom.spotify.com, antaranews.com, tek.id, teknologi.bisnis.com