Virus Corona Membuat Samsung Tutup Sementara di China

Pabrik dan toko Samsung tutup sementara karena penyebaran virus corona. (Foto: detik.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Penyebaran virus corona tidak hanya meresahkan dunia di bidang kesehatan, tetapi juga di bidang teknologi. Salah satu perusahaan yang terkena dampaknya adalah Samsung. Akibat merebaknya wabah virus corona, gerai Samsung yang berada di China harus tutup sementara. 

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut menutup sementara pabriknya yang berada di wilayah kota Suzhou, Shanghai. Selain itu, produk keluaran Samsung terbaru yaitu Galaxy S20 akan sulit dicari aksesorisnya, seperti casing dan pelindung layar. Hal ini dikarenakan virus corona nCoV yang tersebar di China saat ini.

Pabrik-pabrik yang berada di Samsung dihentikan aktivitasnya dengan alasan keselamatan. Pemerintah juga memperpanjang masa liburan tahun baru China. Para pekerja tidak diperbolehkan untuk berpergian ke wilayah China yang terkena wabah demi menghindari dan meminimalisasi dampak virus tersebut.

Supplier yang membuat aksesoris seperti case dan pelindung layar (screen protector) untuk Samsung Galaxy S20 telah menginformasikan bahwa akan ada keterlambatan pengiriman. Pabrik juga tutup selama satu hingga dua minggu atau sampai situasi di China membaik.

Selain pabrik, Samsung juga menutup toko flagship terbesarnya di China yaitu Samsung Experience Store. Toko yang menjual berbagai macam produk Samsung seperti ponsel, aksesoris, dan tablet akan ditutup sementara. Dikutip dari liputan6.com, toko flagship direncanakan akan buka kembali pada 9 Febuari 2020.

Saat ini bukan hanya Samsung yang terkena dampak dari virus corona. Perusahaan milik Apple juga menutup tokonya yang berada di China. Pabrik Foxconn yang merupakan distributor terbesar Apple juga harus tutup sementara. Selain itu, smartphone asal China merek Xiaomi juga menunda perilisan Mi 10. Namun, Mi 10 akan tetap dirilis dengan cara live streaming.

 

Penulis: Maytiska Omar

Editor: Agatha Lintang 

Foto: detik.com

Sumber: Kompas.com, liputan6.com, detik.com