5 Kafe dengan Konsep Ramah Lingkungan di Jakarta

Kafe yang mengusung konsep ramah lingkungan semakin menjamur di Jakarta. (Foto: Kumparan.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Beberapa tahun belakangan, masalah lingkungan telah menjadi sorotan terutama masalah sampah organik dan anorganik. Tidak dapat dimungkiri, bisnis kuliner adalah salah satu penyumbang sampah terbesar, baik dari sampah konsumsi makanan yang tidak habis hingga penggunaan alat makan yang menggunakan plastik dan styrofoam.

Dengan adanya masalah ini banyak kampanye dan gerakan yang telah dilakukan salah satunya restoran dan kafe yang berbasis ramah lingkungan. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima restoran ramah lingkungan yang berada di Jakarta.

  1. Selatan

Kafe yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan ini memiliki ciri khas kebun kecil pada halaman kafe dan berkonsep minimalis. Di sini tersedia menu makanan sehat yang mengambil beberapa bahan dari kebun kecil di halaman kafe. Sedotan yang digunakan di kafe ini juga bukan sedotan plastik melainkan sedotan bambu yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, Selatan juga memiliki dekorasi yang unik. Terdapat tanaman gantung di dalam ruangan dan juga bahan bekas untuk dekorasi interiornya, seperti kaleng bekas yang dijadikan hiasan lampu meja.

Kafe ramah lingkungan di Kemang, Jakarta Selatan. (Foto: whiteboardjournal.com)
  1. Sal En Co

Kafe yang bernuansa Eropa ini terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Sal En Co adalah salah satu kafe yang menyajikan berbagai menu sehat, seperti salad dan smoothie bowl. Selain itu, Sal En Co menggunakan kantong plastik yang terbuat dari cassava stratch dan menyediakan sedotan yang ramah lingkungan agar mudah didaur ulang.

Kafe ramah lingkungan, San El Co yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (Foto: liputan6.com)
  1. Cliq Coffee

Kafe yang berada di bilangan Senopati, Jakarta Selatan ini memiliki banyak menu yang unik dan beragam. Selain mengusung interior yang unik dan instagramable, Cliq Coffee juga anti dengan sedotan plastik dan menyediakan sedotan yang terbuat dari kaca yang tentunya dapat digunakan kembali dan ramah lingkungan.

Kafe Cliq Coffee menyediakan sedotan berbahan dasar kaca dan ramah lingkungan. (Foto: theinsta-stalker.com)
  1. Komunal 88

Terletak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Komunal 88 ikut meminimalisasi penggunaan plastik. Kafe ini menggunakan kembali botol-botol yang digunakan untuk menyajikan menu air putih. Uniknya, pembeli yang ingin membawa pulang makanan mereka diwajibkan membayar deposit untuk mendapatkan tempat makan reusable dari besi yang nantinya bisa di-refund saat tempat tersebut dikembalikan.

Salah satu kafe di Kemang, Jakarta Selatan yang meminimalisir penggunaan plasik. (Foto: Indonesiaexpat.biz)

 

  1. NUSA Indonesian Gastronomy

Masih di bilangan Jakarta Selatan tepatnya di Kemang Raya, terdapat restoran mewah yang menyajikan berbagai kuliner khas nusantara. Restoran milik Chef Ragil ini mendukung gerakan #NoPlasticStraw. Uniknya, restoran ini menggunakan sedotan yang terbuat dari pati jagung. Tentunya bahan pati ini sangat ramah lingkugan dan tidak mencemari laut.

Salah satu restoran ramah lingkungan yang menggunakan sedotan dari pati jagung. (Foto: travelingyuk.com)

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy 

Editor: Abel Pramudya

Sumber: kumparan.com, travelingyuk.com, liputan6.com, beautynesia.id 

Foto: kumparan.com, whiteboardjournal.com, liputan6.com, indonesiaexpat.biz, travelingyuk.com