‘Enjoy Jakarta Walking Tour’, Tur Jalan Kaki di Jakarta Pusat

'Enjoy Jakarta Walking Tour', pilihan tur berjalan kaki yang ada di Jakarta Pusat. (Foto: tripadvisor.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Pemerintah Kota Jakarta Pusat mulai menerapkan model wisata baru, yakni wisata dengan berjalan kaki atau yang sering disebut walking tour. Tur lokal ini membuat masyarakat atau turis dapat menikmati dan mengeksplorasi kekayaan budaya, peninggalan, bangunan bersejarah, kekayaan kuliner, dan kehidupan masyarakat di Ibu Kota.

Selain itu, tur bernama Enjoy Jakarta Walking Tour ini juga ditujukan untuk memperkenalkan situs budaya Jakarta dengan lebih matang mengingat pada 6 Juni 2020, kawasan Monas akan dijadikan sirkuit balap mobil Formula E season 6.

Walikota Jakarta Pusat Bayu Megantara dan Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Budaya Jakarta Pusat Sonti Pangaribuan melakukan uji coba Enjoy Jakarta Walking Tour pada Jumat (11/10/19) pagi. Ada empat titik rute yang diambil pada saat uji coba, yaitu Sarinah, Jalan Sabang, Djakarta Theatre, dan Tosari.  

Sonti mengatakan, walking tour menjadi salah satu cara berwisata yang biasa dilakukan di lingkungan perkotaan dengan pendampingan seorang pemandu wisata.

“Di Jakarta, belum banyak orang yang melakukan aktivitas walking tour. Selama ini, wisata dengan berjalan kaki biasanya dilakukan oleh komunitas tertentu, seperti penggemar sepeda kuno, pecinta sejarah dan bangunan lama, atau komunitas fotografi,” ujar Sonti kepada antaranews.com. 

Bayu mengatakan bahwa diadakannya Enjoy Jakarta Walking Tour ini karena ia melihat banyak potensi destinasi wisata Jakarta yang dapat dimaksimalkan. Berkaca dari Bangkok, ia berpendapat bahwa sebuah ibu kota juga harus bisa dijadikan tempat wisata, tidak hanya sebagai pusat pemerintahan. Terlebih, kini Jakarta masuk ke dalam 10 Destinasi Prioritas Indonesia. Ia juga berharap dengan adanya program ini bisa menambah perekonomian masyarakat Jakarta dan semakin memperlihatkan keindahan dan kenyamanan berwisata di Jakarta.  

Menurut data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta, terdapat setidaknya 216 lokasi yang bisa dijadikan tempat wisata. Namun, hingga kini baru 20 di antaranya yang diunggulkan, seperti Monas, Ancol, dan beragam museum. Dengan memanfaatkan kelebihan yang dimiliki Jakarta Pusat, seperti trotoar yang lebar dan nyaman, Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Pusat bekerja sama dengan Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) bagian Jakarta dan Jakarta Good Guide memberikan pengalaman baru agar masyarakat dapat menikmatinya dengan lebih intim.

Nantinya, rute yang digunakan Enjoy Jakarta Walking Tour ini akan terdiri atas enam titik, yakni Pasar Baru, City Center, Skyscraper, Diversity, Weltevreden, dan Menteng Prominent Residences. Dengan jarak tempuh sekitar 2-3 kilometer di setiap rute, wisatawan akan diajak mengunjungi sekitar 8-9 tempat wisata budaya bersejarah seperti monumen, kawasan kuliner, taman kota, beberapa tempat ibadah, hingga museum.

Ultimates dapat melihat jadwal Enjoy Jakarta Walking Tour di situs https://jakartagoodguide.wordpress.com/. Wisatawan juga dapat memilih untuk mengikuti rute reguler atau weekend. 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

Editor: Abel Pramudya 

Foto: tripadvisor.com

Sumber: liputan6.com, tempo.co, cnnindonesia.com, jakartagoodguide.wordpress.com, antaranews.com