Arsenal 2-0 Newcastle United: Raja Piala FA Kembali Catatkan Hasil Positif

Arsenal 2-0 Newcastle United: Raja Piala FA Kembali Mencatatkan Hasil Positif (ULTIMAGZ)
Selebrasi Emile Swith Rowe saat mencetak gol pembuka untuk Arsenal melawan Newcastle, pada Minggu (10/01/2021). (Foto: Reuters)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Arsenal keluar sebagai pemenang pada putaran ketiga Piala FA musim 2020-2021. Bermain di kandang sendiri, The Gunners menang 2-0 atas pasukan The Magpies pada Minggu (10/01/21) dini hari WIB.

Tentunya hasil tersebut membuat pasukan meriam London berhasil melaju ke putaran selanjutnya dan juga membuat Arsenal konsisten berada di jalur kemenangan dengan mengoleksi tiga kemenangan di Liga Inggris dan satu kemenangan di Piala FA.

Babak extra time menjadi babak penentuan kemenangan Arsenal

Anak asuh Mikel Arteta terus menekan sejak awal pertandingan. Pada babak pertama, Reiss Nelson mengancam gawang Newcastle United lewat sepakan kaki kanan dari kotak penalti, tetapi sepakan tersebut bisa diantisipasi oleh kiper Newcastle United.

Kedua tim saling jual beli serangan. Hingga babak kedua, Arsenal kesulitan membobol gawang Newcastle United. Permainan disiplin dari Newcastle United membuat Arsenal tidak leluasa untuk memberikan ancaman. Hingga menit ke-90, belum ada gol tercipta dari kedua tim, sehingga laga dilanjutkan ke babak extra time.

Seiring berjalannya babak tambahan, usaha keras Arsenal akhirnya terbayarkan, The Gunners akhirnya mencetak gol pembuka pada menit ke-109 yang dicetak oleh Emile Smith Rowe berkat assist dari Alexandre Lacazette.

Delapan menit berselang, anak asuh Mikel Arteta kembali menambah gol yang dicetak oleh Aubameyang pada menit ke-117. Penyerang asal Gabon tersebut berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan dari Kieran Tierney.

Hingga peluit panjang ditiupkan, skor 2-0 untuk kemenangan Arsenal atas Newcastle United. Tentunya hasil ini membuat The Gunners lolos ke putaran keempat piala FA 2020-2021.

Baca juga: Arsenal 3-1 Chelsea: Kembalinya The Gunners di Jalur Kemenangan

Kembalinya Aubameyang dalam mencetak gol

Terdapat fakta unik dibalik kemenangan Arsenal, yaitu kembalinya Aubameyang dalam mencetak gol untuk Arsenal. Musim 2020-2021 menjadi musim yang berat bagi penyerang asal Gabon tersebut.

Pasalnya, kali terakhir Aubameyang mencetak gol adalah saat menjamu Southampton pada Rabu (16/12/20) dalam lanjutan Liga Inggris. Sejauh ini, Aubameyang baru mencetak lima gol dari 17 laga di seluruh kompetisi.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengaku senang melihat penyerang asal Gabon tersebut kembali mencetak gol untuk Arsenal.

“Tentunya dia (Aubameyang) saat ini membutuhkan kepercayaan diri,” ucap Arteta kepada Bein Sports.

Arteta percaya bahwa Aubameyang membutuhkan momen yang tepat untuk kembali mencatatkan hasil yang positif seperti musim-musim sebelumnya. Dan Arteta juga berharap, gol tersebut akan menjadi titik balik bagi Aubameyang.

Youngster Arsenal, Emile Smith Rowe menjadi pemain kunci

Selain kembalinya Aubameyang dalam mencetak gol, Emile Smith Rowe menjadi pemain kunci bagi Arsenal.

Emile Smith Rowe juga mencatatkan namanya di papan skor saat pertandingan FA Cup melawan Newcastle United. Tentunya hal tersebut membuat dirinya telah berperan dalam 10 gol yang diciptakan oleh Arsenal di empat pertandingan terakhir.

Dari empat pertandingan yang dijalani, Emile Smith Rowe mengoleksi dua assist dan satu gol untuk Arsenal. Berkat penampilan apiknya, ia mendapatkan banyak pujian dari berbagai pihak karena menjadi salah satu bagian dari kebangkitan Arsenal.

“Semua pemain muda [pasti ingin bermain bagi tim inti Arsenal]. Ini sungguh bagus bagi kami, bisa mendapatkan banyak kesempatan. Saya benar-benar bahagia bisa bermain untuk klub ini,” Ucap Smith  Rowe kepada BBC Sports.

 

Penulis: M. Frizki Alfian

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto:  Reuters